Yamaha NMax

Celestial Coffee Lembang: Tidak Puas, Kopi Kembali

  Rabu, 26 September 2018   Nur Khansa Ranawati
Celestial Coffee Lembang. (Nur Khansa Ranawati/ayobandung.com)

LEMBANG,AYOBANDUNG.COM -- Di kedai kopi yang terbilang mungil ini, ada hal yang mungkin belum tentu bisa Anda dapatkan di tempat lain. Bila tidak puas dengan rasa kopi yang dipesan, bisa minta untuk dibuatkan kembali. 

Kedai bernama Celestial Coffee ini terletak di Lembang, tepatnya di Jalan Sesko AU nomor 10, tidak jauh dari KSPBU Lembang.

Hari telah menjelang malam saat Ayobandung.com berkunjung belum lama ini. Suasana kedai masih terbilang sepi namun atmosfirnya temaram dan santai, udara Lembang yang dingin pun terasa. Semakin malam, kedai semakin ramai dikunjungi pembeli yang mayoritas adalah anak muda.

"Kalau setelah dipesan rasanya kopinya enggak sesuai, boleh lah kita bikinin lagi," ucap salah satu barista, Muhammad Indra Wirapratama.

Ia mengatakan, hal tersebut dilakukan karena kedai ini sangat mengutamakan kualitas. Hal tersebut sangat penting agar pengunjung merasa nyaman.

AYO BACA : Bellstone Coffee, Kopi Asli Tanah Batulonceng

Tak sekedar berjualan kopi, kedai ini juga memiliki misi khusus, yakni mengedukasi para pembeli mengenai seluk beluk kopi Jawa Barat, terutama kopi Lembang. 

"Kita ingin menarik minat anak muda bahwa Lembang punya banyak kopi yang punya potensi. Kita mengedukasi orang bahwa kopi nggak selalu pahit, melainkan banyak rasa," kata Indra. 

Pihaknya memberikan edukasi kepada pengunjung mengenai karakter jenis-jenis biji kopi. Sambil membuat kopi, Barista akan mengajak berbincang dan meminta penilaian kopi yang telah dibuatnya.

"Dari sanalah konsumen bisa protes bila kopi yang dirasakan masih belum memenuhi ekspektasi," beber Indra.

Kedai yang berdiri sejak 2016 awal ini menggunakan biji-biji kopi yang didapat dari Cibodas, Tangkuban Perahu, Jayagiri, hingga Cibeureum. Mereka membeli biji kopi yang masih hijau (green bean) dari petani di daerah-daerah tersebut untuk kemudian dipanggang (roasting) sendiri. 

AYO BACA : Kopi Florist, Kedai Edukasi Kopi di Tengah Rerimbunan Pohon

"Selain ingin memajukan kopi yang ada di Lembang, kami juga ingin memajukan kopi di Jawa Barat," jelas Indra.

Ia mengatakan, banyak di antara kopi Jawa Barat yang memiliki kualitas sangat baik bahkan siap ekspor. Sebab, kopi lahir dari pola tanam dan proses pasca-panen yang baik.

Hingga saat ini, jenis kopi yang paling banyak dipesan adalah kopi manual brew yang menggunakan kopi asal Pangalengan.

"Kalau manual brew, beans yang paling banuak habis itu Laspada, biji dari Pangalengan," ungkapnya.

Di samping itu, kedai ini juga memiliki es kopi kekinian yang dibuat dengan racikan khas, yakni Es Kopi Sukses Makmur. 

"Sebenernya sih, namanya dibuat kayak gini agar jadi doa buat Celestial ; setiap ada yang pesan Sukses Makmur kami bilang amin," ujarnya seraya tertawa.

Anda dapat mengunjungi kedai ini setiap hari dari jam satu siang hingga sebelas malam. Karena berfokus pada kopi, jangan berharap bisa memesan makanan berat di tempat ini. 

Tapi, tak perlu khawatir. Warung Sate di sampingnya bisa dipesan dan dimakan di area kedai kopi. Cukup siapkan uang sebesar delapan hingga Rp20.000, dan segelas kopi pun bisa langsung dinikmati.

AYO BACA : Angin Segar Industri Kopi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar