Yamaha Aerox

Ridwan Kamil Tuntut Netralitas ASN Pemprov Jabar

  Rabu, 26 September 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan kamil (ayobandung.com/Eneng Reni)

AYO BACA : Ridwan Kamil Minta Sandiaga Uno Bercermin

AYO BACA : Uu Maksimalkan Perannya di Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Tahapan kampanye pemilihan presiden (Pilpres) 2019 telah dimulai sejak Minggu (23/9/2018). Menyikapi hal ini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) di tataran pemerintah provinsi Jawa Barat untuk menjaga netralitas.

Pria yang karib disapa Emil itu mengatakan, masyarakat bisa melaporkan kepada aparat penegak hukum jika mengetahui ada ASN di lingkungan Pemprov Jabar yang tidak netral dalam tahapan kampanye Pilpres 2019.

"Saya atas nama Gubernur Jabar, meminta ASN netral. Laporkan kepada kami jika ada pergerakan ASN yang tidak netral. Karena pejabat PNS sesuai perundang-undangan harus netral," kata Emil, Rabu (26/9/2018).

Di sisi lain dia berharap tahapan kampanye Pileg dan Pilpres 2019 harus menjadi ajang pesta demokrasi yang didasari netralitas. Dirinya pun mengaku akan bertindak serupa. Pasalnya dirinya dimandatkan sebagai Ketua Dewan Pengarah Tim Pemenangan Kampanye pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1, Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Masyarakat tolong laporkan, proses pileg dan pilpres ini harus betul-betul merupakan pesta demokrasi yang dilandasi dasar-dasar netralitas. Saya pun sebagai pribadi juga akan melakukan hal itu. Saluran aspirasi saya akan dilaksanakan tanpa melanggar aturan. Misalnya, kalau saya harus melakukannya pasti saya akan lakukan di akhir pekan, tidak menggunakan fasilitas negara maupun kapasitas sebagai gubernur," ujar dia.

Bukan hanya itu, Emil pun berjanji akan menindak tegas ASN yang terbukti terlibat dalam politik praktis selama tahapan kampanye Pileg dan Pilpres 2019. "Iya ada (sanksi). Itu poin-poinnya ada. Nanti kita lakukan sesuai undang-undang," tandas Emil.

AYO BACA : Strategi Berebut Hati Milenial di Pilpres 2019

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar