Yamaha Mio S

Ridwan Kamil Bakal Pacu Program Desa Digital

  Selasa, 25 September 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Gubernur Jawa Barat, Ridwan kamil (ayobandung.com/Eneng Reni)

AYO BACA : Pemprov Jabar Godok Program Kartu Jabar Juara

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) bakal segera meluncurkan program anyar, yaitu Desa Digital. Program Desa Digital betujuan mentransformasi kehidupan desa melalui teknologi. Program ini merupakan visi dari Jabar sebagai provinsi digital.

"Desa digital ini yang paling istimewa. Dalam waktu dekat kita akan merilis program desa digital. Di mana seluruh kehidupan desa akan kita digitalisasi. Ada wifi sadesaeun, punya website, punya akses langsung ke gubernur buat curhat, dan sebagainya, termasuk desa award juga,” kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil di Gedung Sate, Selasa (25/9/2018).

Menurut pria yang karib disapa Emil itu, nantinya, dengan program Desa Digital ini setiap desa di Jabar wajib memiliki wifi dan website yang berkenaan dengan masing- masing desa.

"Intinya konsep Desa digital ini mentransformasi kehidupan desa melalui teknologi. Jadi dia harus punya wifi di desanya, dia harus punya website tentang desanya," sambungnya.

Selain itu, Pemprov akan melakukan pelatihan digital commerce terhadap desa-desa di Jabar. Dengan begitu, masyarakat desa dapat melakukan transaksi jual beli online.

"Kita juga punya aplikasi agar warga desa bisa curhat langsung ke gubernur. Kita juga ada bantuan approve kredit via hp di desa-desa. Intinya kota mentranformasi desa sesuai visi Jawa Barat sebagai provinsi digital," ujarnya.

Selain akan merilis program Desa Digital, Pemrov Jabar pun, kata Emil, berupaya menjadikan Jabar Juara dari berbagai sisi. Oleh karenanya, saat ini dirinya menugaskan asistennya untuk meneliti peringkat Provinsi Jabar dari berbagai sisi.

"Makanya saya minta pak asisten meneliti ranking-ranking Jabar di bidang-bidang lain yang masih jelek. Misal, indeks kebahagian yang masih ranking 29 atau ranking-rangking yang dianggap kurang," tandasnya.

AYO BACA : Pemprov Jabar akan Sesuaikan Konten Ajar SMK dengan Era Digital

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar