Yamaha Aerox

Karya Grafiti Menakjubkan Seniman Asal Portugal

  Rabu, 19 September 2018   Anggun Nindita Kenanga Putri
Sergio Odeith saat melukis grafiti, (Bored Panda)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM -- Beberapa orang masih memiliki stigma yang negatif ketika melihat grafiti. Ya, selama ini grafiti masih erat kaitannya dengan kenakalan remaja. Tapi coba lihat karya grafiti dari seorang seniman asal Portugal bernama Sergio Odeith. Kalian pasti akan berdecak kagum !

Odeith mulai membuat grafiti dari tahun 90-an, saat itu grafiti belum terlalu populer seperti sekarang. Dia mulai membuat sketsa sederhana di dinding jalan dan rel kereta api, kemudian mulai dengan membuat mural berskala besar.

Karyanya semakin dikenal publik ketika dia mengadopsi 3d mural. Teknik ini menggabungkan sudut, garis, dan bayangan untuk menciptakan efek seolah benar-benar hidup.

AYO BACA : Street Art Dakwah, Berjihad Lewat Grafiti

Contohnya adalah karya Odeith yang berupa serangga raksasa. Awalnya dia membuat sketsa di lapangan kosong. Setelah itu dengan berkreasi dengan teknik 3D mural yang telah menjadi identitasnya.

Pada tahun 2005, Odeith mendapatkan pengakuan internasional untuk seni anamorphic-nya. Salah satu karya seninya yang berbentuk laba-laba raksasa, mendapatkan pujian dari kritikus film-film ilmiah horor. Grafiti ini memperlihatkan seolah ada laba-laba raksasa yang muncul memanjat dinding, dan bisa membuat siapapun yang melihatnya seolah-olah tidak berdaya.

Tak heran, muralis yang berbasis di Lisbon itu kini kebanjiran permintaan untuk mendesain sudut-sudut kota di Amerika Serikat, sebut saja di Baton Rouge, Los Angeles, Charleston, dan Lexington. Terbaru, Odeith menerima kontrak bisnis dari sejumlah perusahaan besar, seperti Coca-cola, Samsung, dan Shell.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar