Yamaha Mio S

Bangga! Modifikasi Yamaha Scorpio Karya Anak Bangsa Harumkan Negeri

  Selasa, 18 September 2018   Arfian Jamul Jawaami
Sepeda motor Yamaha T-005 Cross karya rumah modifikasi Thrive Motorcycle asal Jakarta. (Thrive Motorcycle)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Keindahan bentuk adalah tentang perspektif dan selera. Dua sifat yang kemudian melahirkan istilah lazim maupun ganjil. Sebenarnya tidak ada ukuran untuk sebuah kewajaran bentuk, seperti motor T-005 Cross karya rumah modifikasi Thrive Motorcycle asal Jakarta.

T-005 Cross adalah nama dari motor modifikasi Yamaha Scorpio lansiran tahun 2008. Proses kreatif T-005 Cross dikerjakan oleh Indra Pratama dan Barata Dwiputra. Lalu apa yang unik dari T-005 Cross? Jelas bentuknya. Kotak tapi tetap dinamis.

Keistimewaan dari T-005 Cross adalah popularitasnya di skena modifikasi internasional. Melalui motor ini Thrive Motorcycle berhasil mendunia. Kini T-005 Cross tengah dipamerkan di The Petersen Automotive Museum di Los Angeles, Amerika Serikat dalam gelaran Custom Revolution garapan Paul D’Orleans dari thevintagent.

Motor dengan plat polisi D (Bandung) tersebut akan ditampilkan selama satu tahun dari tanggal 14 April 2018 sampai 14 April 2019. Popularitas T-005 Cross di dunia menjadi bukti kreativitas anak bangsa di bidang otomotif. Di Indonesia sendiri, konsep T-005 Cross telah dikenal skena otomotif nasional sejak tahun 2015.

Soalnya tidak sembarang motor bisa turut mejeng di The Petersen Automotive Museum. Tercatat hanya ada 23 motor kustom pilihan yang dipamerkan. 15 motor berasal dari Amerika Serikat dan delapan sisanya dikirim dari Indonesia, Irlandia, Spanyol, Prancis, Jerman, Vietnam, dan Jepang. 

Proses pengerjaan T-005 Cross sendiri dimulai pada Oktober 2014 dan selesai Maret 2015. T-005 Cross sebenarnya bukan milik Thrive Motorcycle, melainkan kepunyaan seorang klien yang memberikan kepercayaan penuh kepada bengkel modifikasi asal Kemang tersebut. 

Jika dilihat dari samping, T-005 Cross mirip senapan AK-47. Panel bodi dirombak habis dan dibuat minimalis menggunakan bahan aluminium. Tapi konsep dasarnya tetap mengusung kuda-kuda motor trial yang lekat aura dirt bike. Ubahan mendasar juga dilakukan pada sasis yang memperlihatkan struktur horizontal, vertikal dan diagonal.

Kesan minimalis juga terlihat pada bagian lampu indikator. Di bagian depan juga terdapat dudukan smartphone untuk meletakan gadget sebagai sistem navigasi. Modifikasi ektrim tersebut dibuat garang dengan balutan warna abu-abu dan hitam.

Untuk knalpot sengaja dibuat kostum mengikuti alur bodi sehingga semakin memperlihatkan konsep dirt bike. Sedangkan kesan trial diperlihatkan melalui pelek berukuran 18 inci. Kegarangan bodi yang disajikan berpadu dengan performa tinggi penggunaan karburator PE 28.

Meski mengalami modifikasi total pada bagian fisik, mesin T-005 Cross tidak diubah sama sekali karena masih mempertahankan konsep orisinal milik Yamaha Scorpio. Terlepas dari apapun konsep yang diusung, T-005 Cross berhasil membuat Indonesia bangga. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar