Yamaha Lexi

6 Kesalahpahaman Perawatan Kulit

  Selasa, 18 September 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Ilustrasi Perawatan Kulit Wajah (hellosehat.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Berapa sering kamu merawat kulit? Setiap hari, seminggu sekali, atau tidak pernah sama sekali? 

Agar mendapatkan kulit yang berseri dan awet muda, perawatan kulit perlu dilakukan. Namun, semua jenis perawatan kulit tidak selalu tepat. Bahkan, banyak pula yang keliru terhadap anggapan perawatan kulit.

Lantas, apa saja kekeliruan perawatan kulit yang salah itu? Berikut ulasannya seperti yang dikutip dari Boldsky, Selasa (18/9/2018).

Make-up penyebab jerawat

AYO BACA : Tujuh Metode Perawatan Es Batu untuk Mempercantik Kulit

Ada kepercayaan di sebagian besar wanita bahwa memakai terlalu banyak make-up setiap hari dapat menyebabkan wajah berjerawat. Namun, hal itu keliru. Jerawat akan muncul jika kita salah menggunakan produk. Jika kita memilih produk yang tepat, maka tidak akan ada efek samping bagi kulit. Karena itu, setiap kali kamu ingin membeli produk kosmetik, pastikan produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulitmu.

Bintik-bintik di wajah dampak penuaan

Bintik-bintik usia atau bintik-bintik matahari bukan tanda awal penuaan. Bintik-bintik itu muncul karena kulitmu terlalu sering terkena sinar matahari tanpa perlindungan apa pun.

Sering mencuci wajah dapat mencegah jerawat

AYO BACA : 6 Perawatan Wajah Rutin di Pagi Hari agar Kulit Tidak Kusam

Mungkin ini kekeliruan yang sering kamu dengar. Kulit kita menghasilkan minyak alami yang sangat penting untuk kulit. Terlalu sering mencuci wajah akan membersihkan minyak alami dan membuat kulit menjadi kering.

Minumlah air untuk melembabkan kulit

Air mampu mengeluarkan racun dan kotoran dari dalam tubuh sehingga dapat membuat kulit berseri. Namun, minum air saja tidak cukup untuk menjaga kulit agar terhidrasi. Dalam beberapa kasus, kulit kering bersifat genetik. Karena itu, selain minum minum air yang cukup, kamu juga bisa melembabkan kulit dengan pelembab agar tetap sehat.

Tidak perlu perlindungan SPF jika cuaca mendung

Hanya karena cuaca mendung, bukan berarti kamu bisa melewati tabir surya. Saat tidak cerah sekalipun, sinar matahari masih dapat membuat kulitmu terlihat cokelat dan kusam. Jadi dalam cuaca apapun, tabir surya adalah suatu keharusan untuk menjaga kulitmu di luar rumah.

Scrubbing membuat kulit bebas minyak

Pengelupasan atau scrubbing adalah proses yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dari kulit. Konon, perawatan ini dapat memberikan kilau sehat pada kulit. Namun, ada anggapan yang salah, yaitu dengan menggosok kulit setiap hari akan membantu mengendalikan produksi minyak pada kulit dan membuat kulit terlihat bebas minyak. Namun, kenyataannya, menggosok kulit setiap hari pada akhirnya akan merusak kondisi kulitmu.

AYO BACA : Tips Perawatan Kulit untuk Remaja

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar