Yamaha NMax

Gubernur Jabar Akan Bentuk Pemerintahan Baru di KBU

  Senin, 17 September 2018   Dadi Haryadi
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) perdana bersama para kepala perangkat daerah Pemprov Jabar, di Gedung Sate, Senin (17/9/2018). (Dok Humas Pemprov Jabar)

DIPONEGORO, AYOBANDUNG.COM--Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan akan segera membentuk pemerintahan regional baru di Kawasan Bandung Utara (KBU) yang daerahnya melingkupi Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang.

"Iya tadi di Rapim kita akan persiapan membentuk pemerintahan regional baru," ujar Ridwan Kamil usai Rapat Pimpinan pejabat Pemprov Jabar, di Gedung Sate Bandung, Senin (17/9/2018).

AYO BACA : Setiap Dinas di Pemprov Jabar Harus Punya Akun Medsos

Pria yang akrab disapa Emil ini menjelaskan pembentukan pemerintahan regional baru tersebut bertujuan untuk memudahkan koordinasi dan percepatan penanganan permasalahan di KBU seperti banjir yang disebabkan alih fungsi daerah resapan air karena menjadi bangunan huni dan komersil.

"Jika ada pengaduan langsung bisa dieksekusi tanpa harus koordinasi yang panjang," ujar Gubernur.

AYO BACA : Sepakati Pakta Integritas, Emil Minta Ini dari ASN Pemprov Jabar

Lebih lanjut Emil menuturkan pemerintahan baru ini kemungkinan akan bernama Pemerintahan Cekungan Bandung. Namun kepastiannya akan dibahas dulu dengan berbagai pihak. "Namanya Pemerintahan Cekungan Bandung dan itu Perpresnya sudah keluar. Bentuknya seperti Keresidenan," jelasnya.

Dalam Rapim yang berlangsung tiga jam tersebut juga dibahas mengenai dua poin penting yaitu segera menyosialisasikan ke daerah tentang regulasi baru PP Nomor 33 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Tugas dan Wewenang Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat. "Gubernur sekarang itu bisa membatalkan Perda dan Perwal," kata Emil.

Kedua, dalam Perpres tersebut Gubernur juga dapat memberikan raport kepada Kota/ Kabupaten dan membuat evaluasi terhadap semua kebijakan. "Saya perintahkan untuk disosialisasikan, jadi kewenangan Gubernur sekarang meningkat dengan Perpres itu," ujar Emil.

AYO BACA : Bukan Hanya Emil, Ini Pemimpin Jabar dari Masa ke Masa

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar