Yamaha NMax

Disekap Abu Sayyaf, 3 Nelayan Indonesia Akhirnya Bebas

  Minggu, 16 September 2018   Arditya Pramono
Ilustrasi nelayan. (pixabay).

FILIPINA, AYOBANDUNG.COM--Sebanyak tiga orang nelayan Indonesia berhasil menghirup udara bebas setelah diselamatkan Militer Filipina dari sekapan kelompok bersenjata Abu Sayyaf.  

Pihak otoritas militer Filipina mengindetifikasi ketiga orang yang berhasil diselamatkan tersebut bernama Hamdam Bin Salim (34) Subande Satto (27) dan Sudarlan Samansung (41). 

"Tiga orang Indonesia ini kita bebaskan di kota Indanan, Sulu pada Sabtu (15/9/2018) setelah adanya operasi militer di daerah tersebut," ungkap salah seorang juru bicara militer Filipina pada Minggu (16/9/2018).  

Seorang petinggi militer Filipina dalam operasi militer tersebut, Letnan Kolonel Gerry Besana menjelaskan, pembebasan ketiga nelayan Indonesia itu murni dari operasi militer bukan lewat membayar tebusan. 

"Gak ada bayar tebusan.Kita pake operasi pembebasan sandera," kata Gerry.

Sementara itu usai diselamatkan, menurut pihak militer, ketiganya langsung dibawa ke rumah sakit. Setelah dari rumah sakit, mereka dibawa ke Kedutaan Besar Indonesia di Manila. 

Diketahui, tiga orang nelayan Indonesia sebelumnya sedang memancing menggunakan perahu motor di laut kepulauan Tawi-Tawi yang dekat dengan wilayah Sulu, Filipina pada Januari 2017. 

Saat sedang memancing, mereka ditangkap pihak Abu Sayaf dan kemudian ditawan selama kurang lebih 18 bulan. 

Abu Sayyaf sendiri masih menawan 11 orang tawanan diantaranya seorang pemerhati burung asal Belanda dan seorang warga negara Vietnam. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar