Yamaha Mio S

Tuai Kontroversi, Kontes Miss Hitler Dibatalkan

  Sabtu, 15 September 2018   Hengky Sulaksono
Kontes Miss Hitler. (mirror)
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Sebuah kontes kecantikan bagi kelompok Neo-Nazi pemuja radikal dan fanatik Hitler telah dibatalkan. Kontes daring yang diselenggarakan di VKontakte alias VK-- platform media sosial serupa Facebook di Rusia--telah menarik finalis dari berbagai belahan dunia.
 
Dilansir dari Daily Mirror, Sabtu (15/9/2018), situs daring ini ditutup setelah menerima lebih dari 500 keluhan karena mempromosikan ekstremisme. Di sisi lain, para pendiri berpendapat bahwa mereka hanya merayakan 'budaya Hitlertarian.'
 
Sejumlah profil dengan nama berbau Nazi termasuk 'Miss Edelweiss' dan 'Miss Eva Braun' masih aktif. Para kontestan yang berkisar dari Rusia, Jerman, Italia dan Amerika Serikat sebelumnya telah membagikan foto diri mereka sambil mengenakan kostum Nazi.
 
Salah satu kontestan bahkan memilik tato Reichsadler di bagian punggung atasnya. Reichsadler merupakan lambang Nazi dengan elang di atas gambar swastika. Terdapat juga foto-foto yang menunjukkan wanita berpose sambil menenteng buku Mein Kampf dan melakukan salut fasis.
 
Penyelenggara kontes mengatakan bahwa tujuan mereka adalah "mempromosikan budaya Hitler; mendorong interaksi antara komunitas Hitler; membersihkan citra Adolf Hitler, menunjukkan keindahan budaya Hitlerian dan untuk "melindungi dan membela wanita".
 
VKontakte sendiri--yang digunakan oleh 68% warga Rusia dengan akses internet--sejauh ini telah menghadapi serentetan kasus kriminal dengan tudingan ekstremisme terhadap para penggunanya.
 
Setelah kontes Miss Hitler tersebut menarik perhatian, VK menutup halaman penyelenggara dan mengeluarkan pernyataan yang mengutuk konten yang mendorong kebencian. "Komunitas itu diblokir karena melanggar aturan kami," kata seorang juru bicara.
 
"VK selalu mengecam seruan kekerasan, propaganda nasionalis dan ekstremis. Setiap orang dapat melaporkan konten ilegal, menyinggung atau tak berguna dengan bantuan tombol 'laporan'. Kami meninjau semua laporan tanpa pengecualian."
 
"VK memiliki salah satu tim moderasi terbesar dan kami bereaksi secepat yang kami bisa--konten yang melanggar aturan kami atau ketentuan hukum dihapus dan pelanggarnya diblokir."

AYO BACA : Empat Kebijakan Nazi yang Ada di Indonesia

AYO BACA : Handschar, Pasukan Militer Muslim Milik Nazi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar