Yamaha Mio S

Jawa Barat Buka 1.085 Lowongan CPNS

  Jumat, 14 September 2018   Nur Khansa Ranawati
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat, Sumarwan Hadisumarto

DIPONEGORO,AYOBANDUNG.COM -- Kabar baik untuk masyarakat yang ingin menjadi abdi negara. Dibuka lowongan penerimaan CPNS Jawa Barat dengan kuota sebanyak 1.085 formasi di tiga sektor, yakni kependidikan, kesehatan, serta infrastruktur.

Komposisinya adalah 925 orang tenaga guru, 90 tenaga kesehatan, 1 orang tenaga eks-honorer K2 dan sisanya adalah untuk tenaga teknis. Seluruh formasi tersebut ditentukan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Lowongan ini berlaku untuk kalangan umum berusia 18-35 tahun. “Slot nya itu sudah rinci,” ungkap Kepala Badan Kepegawaian daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat, Sumarwan Hadisumarto, dalam sesi konferensi pers di Gedung Sate, Jumat (14/9/2018).

AYO BACA : Begini Pendaftaran CPNS 2018

Dari angka tersebut, Kota Bandung memiliki kuota penerimaan terbesar, yakni 714 posisi. Sementara, Sukabumi menjadi yang paling sedikit dengan hanya membuka 111 lowongan CPNS. Adapun Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Cianjur tidak membuka lowongan.

Sumarwan mengatakan, pihaknya telah memiliki data mengenai lembaga-lembaga mana yang kekurangan orang, sehingga pelamar harus langsung menentukan pilihannya. “Setelah kita buka pendaftaran, silakan pendaftar tadi memilih dimana,” jelasnya.

Setiap peserta hanya dapat melamar untuk satu posisi di satu tempat, dan sistem pendaftaran akan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK), sehingga peserta akan otomatis gugur bila melamar lebih dari ketentuan. “Jadi silakan melamar yang sesuai dengan bidangnya,” ungkapnya.

AYO BACA : Jadi Gubernur, Ridwan Kamil Dorong Pemekaran di Jawa Barat

Untuk informasi seputar pembukaan pendaftaran, pihaknya masih menunggu arahan lebih lanjut dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) agar pengumuman dilakukan serentak di setiap daerah.

Prediksinya, pembukaan pendaftaran akan dilakukan pada 19 September. “Ini akan diumumkan secara serentak se-Indonesia. Khawatirnya bila Jawa Barat membuka pengumuman duluan, maka akan banyak yang mendaftar ke Jawa Barat.

Kemudian, rencana seleksi CPNS akan dilaksanakan tanggal 16 Oktober 2018 setelah semua persyaratan peserta terverifikasi. Tempat pelaksanaanya akan diselenggarakan di lima titik mengingat pendaftar akan membludak dari jumlah yang ditentukan.
 
Pertama, STT Telkom Kota Bandung akan mengcover pendaftar Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Purwakarta. Kedua, Stadion Sport Arcamanik Kota Bandung mengcover pendaftar Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Karawang, Kota Bandung, Kabupaten Subang, Kota Cimahi dan Sukabumi.
 
Ketiga, Kabupaten Cirebon tepatnya di Hotel Radian akan mengcover pendaftar dari Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Majalengka. Keempat kota Tasikmalaya tepatnya di Gedung Serbaguna Pemda Kota Tasikmalaya dengan pendaftar dari Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kota Banjat dan Kabupaten pangandaran. Kelima Kabupaten Bogor tepatnya di Komplek Pemda Tegar Beriman dengan pendaftar dari Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Bekasi dan Kota Depok.

Kesempatan Khusus

Di samping itu, peluang lebih besar diberikan kepada lulusan universitas dengan predikat cumlaude. “Kita bisa berikan kuota bagi peserta cumlaude sebanyak lima persen,” kata dia.

Kesempatan juga terbuka bagi para penyandang disabilitas. Ada lowongan sebanyak satu persen dari total jatah kuota bagi difabel untuk melamar menjadi CPNS. “Jadi kurang lebih ada sembilan orang, itu kita alokasikan di SLB (Sekolah Luar Biasa),” jelasnya.

Sementara, mekanisme penerimaan peraih medali emas di Asian Games 2018 menjadi CPNS masih dirumuskan.

AYO BACA : Ini Aturan CPNS 2018 yang Wajib Diketahui

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar