Yamaha Aerox

Ujungberung, Kecamatan yang Kaya Seni dan Budaya

  Kamis, 13 September 2018   Fathia Uqimul Haq
Ilustrasi: Kesenian yang dipamerkan saat Festival Ujungberung di Alun Alun Ujungberung tahun lalu.(Ramdhani)

UJUNGBERUNG, AYOBANDUNG.COM—Kecamatan Ujungberung memiliki segudang kekayaan seni dan budaya yang patut diperjuangkan, salah satunya benjang. 

Benjang merupakan kesenian tradisional Indonesia yang berkembang di Kecamatan Ujungberung. Lahir sejak akhir abad ke-19, paduan seni dan beladiri ini jadi unggulan di wilayah Bandung timur. 

Camat Ujungberung, Taufik Hidayat, mengatakan selain benjang, saat ini Ujungberung sudah memiliki desa wisata yakni Pasir Kunci.

AYO BACA : Mengenal Seluk Beluk Masjid Besar Ujungberung

Desa wisata yang terletak di RW 11 Kelurahan Pasirjati itu menyuguhkan hamparan sawah, sajian kuliner Sunda, dan ragam kesenian. "Seperti calung, angklung, dan benjang itu sendiri," ujarnya saat ditemui ayobandung.com di kantornya, Rabu (12/9/2018). 

Kampung wisata Pasir Kunci terletak di kaki Gunung Manglayang, berbatasan dengan Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Tak jauh dari Pasar Ujungberung, cukup dua kilometer berjalan menuju arah Jalan Nagrog. 

Taufik menerangkan Ujungberung juga mengantongi sejumlah makanan ringan, minuman, bumbu masak siap saji, tape ketan, dan kerajinan tangan. Karya-karya itu dihasilkan oleh warga Ujungberung hingga mampu unjuk gigi di berbagai pameran. 

AYO BACA : Wisata Kebun Kina, Surga Di Langit Ujungberung

"Ada minuman orin yoghurt dari Kelurahan Cigending, Ujungberung. Pemasarannya sudah online," katanya. 

Produk siap saji buatan warga pun menjadi andalan yaitu bumbu nasi goreng instan yang mempermudah konsumen untuk membuat santapan. 

"Di lingkungan mahasiswa, mereka membuat nasi goreng langsung memakai bumbu ini. Isinya ada saus dan sebagainya tinggal dimasukkan saja," tuturnya.

Sementara itu, para perajin tengah membuat pengemasan yang baik supaya bisa masuk ke pihak Toserba atau supermarket.  Ke depan, Taufik akan membuat koperasi supaya masyarakat memiliki akses penjualan produk.

Selain itu, pada Oktober 2018 Ujungberung bakal menggelar Uber Festival. Perhelatan yang digelar empat kali dalam setahun ini akan menampilkan seni benjang, ragam kuliner khas Ujungberung, dan kerajinan tangan. 

"Ini agenda bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. Diadakan di Alun-Alun Ujungberung,” katanya.

AYO BACA : Ini Produk Unggulan Kecamatan Cibiru dan Ujungberung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar