Yamaha

Apresiasi Kinerja, Bawaslu Jabar Beri Penghargaan Bawaslu Daerah

  Selasa, 28 Agustus 2018   Mildan Abdalloh
Penyerahan Bawaslu Award di Trans Studio Mall, Senin (27/8/2018) malam. (Mildan Abdalloh/ayobandung)

JALAN GATOT SUBROTO, AYOBANDUNG.COM--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat menggelar Bawaslu Award kepada bawaslu kota kabupaten. Penghargaan tersebut diberikan di Trans Studio Mall, Senin (27/8/2018) malam.

Komisioner Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar, mengatakan Bawaslu Award merupakan salah satu bentuk apresiasi atas kinerja bawaslu kota kabupaten di Jawa Barat dalam Pilkada serentak 2018 lalu.

"Ini bagian dari Bawaslu dalam mengapresiasi mereka yang telah bekerja ketas mengawasi pemilu," tutur Fritz selepas penyerahan penghargaan.

Bawaslu yang menjadi pemenang, kata dia, bisa menjadi contoh daerah lain untuk memberikan usaha lebih baik lagi dalam pemilu selanjutnya.

"Performa mereka harus lebih baik lagi kedepannya," ucapnya.

Dia menyebutkan kinerja bawaslu tidak bisa dipandang sebelah mata, mengingat banyak risiko yang dihadapi saat menjalankan tugas.

AYO BACA : Bawaslu Cecar Paslon 'Asyik' 33 Pertanyaan

"Di Indonesia ada 15 anggota Bawaslu yang meninggal saat dalam masa tugas, baik sakit karena kelelahan, sampai kecelakaan dalam tugas. Bahkan ada juga mobil yang dibakar, itu bagian risiko dalam menjalankan tugas. Apresiasi seperti ini harus dilakukan untuk memberikan semangat kepada mereka yang bertugas," paparnya.

Di tempat yang sama, Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan hal senada. 

"Memberikan satu reward kepada bawaslu kabupaten kota dengan tujuan meningkatkan kinerja, meningkatkan kebersamaan, sebagai satu langkah baik untuk perbaikan di hadapan kita," katanya.

Terlebih saat ini para penyelenggara pemilu sedang dihadapkan dengan proses pemilihan yang lebih besar, yakni Pilpres dan Pileg 2019.

"Menjelang Pilpres dan Pileg, akan lebih banyak kerjanya, karena menyangkut individual banyak. Calon anggota legislatif jumlahnya ribuan yang harus diawasi supaya pemilu bisa berjalan sesuai dengan aturan," paparnya.

Bawaslu Award diberikan kepada Bawaslu kota kabupaten yang telah berhasil memberikan performa terbaiknya selama proses Pilkada serentak 2018. Terdapat delapan Bawaslu kota kabupaten yang berhasil menyabet penghargaan, seperti Kabupaten Pangandaran, Bandung, Ciamis, dan beberapa kabupaten kota lainnya.

AYO BACA : Bawaslu Berencana Bawa Sejumlah Kasus Pilkada ke DKPP

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar