Yamaha Mio S

Melihat Spesies Anggrek Langka di Orchid Forest

  Sabtu, 25 Agustus 2018   Fathia Uqimul Haq
Orchid House di Orchid Forest Lembang menyimpan ribuan spesies anggrek dalam dan luar negeri hingga yang langka.
LEMBANG, AYOBANDUNG.COM--Indonesia menjadi negara yang memiliki spesies anggek terbanyak setelah Brasil. 
 
Di Orchid Forest, ada 6000 spesies dengan 20.000 jenis anggrek berada di sekitar kawasan dan rumah anggrek.
 
Dari pintu masuk hingga areal menurun, Orchid Forest didominasi dengan anggrek hutan yang ditempel di pohon pinus.
 
Menurut Pemilik Orchid Forest,Maulana Akbar, anggrek adalah tumbuhan epifid. Dia perlu inang untuk menempel di pohon tetapi bukanlah parasit.
 
“Di sini tersedia 150 jenis anggrek langka yang bisa disaksikan di rumah anggrek,” katanya, Jumat (24/8/2018).
 
Rumah anggrek didesain dari kaca, dengan interior monokrom. Ada jembatan kayu dengan latar belakang Orchid Forest membuat spot foto semakin banyak. Kolam ikan di bawah jembatan membuat suasana semakin segar dan hidup ditambah suara gemericik air yang menenangkan.
 
Di dalam rumah anggrek, ada beberapa rumah kecil segitiga  yang diisi oleh anggrek langka. Tiga dari spesies anggrek langka salah satunya ada di Indonesia. Dua anggrek langka terletak di Filipina, satu anggrek langka ada di Jawa Barat. “Dan itu ada di Orchid Forest,” ujarnya.
 
Sayangnya, Indonesia yang kaya dengan anggrek tidak memiliki sebuah museum atau budi daya anggrek untuk menyokong aset bangsa. Orchid Forest membangun kawasan ini dengan ribuan macam anggrek untuk menyelamatkan sekaligus melestarikannya dengan baik.
 
Selain itu, Orchid Forest memiliki konsep planting ground. Maulana menjelaskan, akan ada tanaman herbal endemik yang berjejer di área trekking seraya pemandu menjelaskan. Tak hanya itu, akan ada coffee trip yang menyajikan penjelasan proses pembuatan kopi dari hulu ke hilir untuk pengunjung
 
“Kita juga bekerjasama dengan Kopassus untuk diajarkan survval di hutan seperti bagaimana bertahan hidup, makanan apa saja yang bisa dimakan di hutan,” tambahnya.
 
Lebih seru, Orchid Forest juga bakal menghadirkan Forestra. Sebuah orkestra di hutan dengan berbagai macam genre. “Baik dangdut, jazz, pop, apapun bisa dimainkan di sini. Forestra dimulai pada 15 September 2018 ini,” katanya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar