Yamaha Lexi

Kemenkominfo Bakal Uji Coba 5G di Ajang Asian Games

  Rabu, 15 Agustus 2018   Husnul Khatimah
Menkominfo, Rudiantara. (Husnul Khatimah/ayobandung)

BOGOR TENGAH, AYOBANDUNG.COM--Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan melakukan uji coba teknologi seluler generasi kelima atau 5G pada pesta olahraga Asian Games ke-18 tahun 2018.

Menkominfo, Rudiantara, menuturkan uji coba akan dilakukan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) dan pada venue cabang olahraga lainnya yang masih berada di sekitaran GBK.

"Kita akan ujicoba generasi kelima atau 5G yang akan diuji coba di stadion GBK, 5G yang dicoba berupa mobil tanpa awak (autonomous car)," kata Rudi di Bogor, Selasa (14/8/2018).

AYO BACA : Tangan di Dada Kiri saat Lagu “Indonesia Raya” Ternyata Salah?

Dia menambahkan selain 5G, pemerintah juga akan menerapkan aplikasi yang berfungsi untuk melihat gerakan slow motion, terutama pada cabang olahraga badminton dan basket.

Kemudian, lanjut Rudi, di Asian Games Kemenkominfo juga akan fokus untuk menyiapkan fasilitas WiFi gratis bagi penonton, terutama di event pembukaan dan penutupan Asian Games di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

"Karena nanti penonton yang akan hadir sekitar 80.000-90.000 orang. Kalau pakai jaringan seluler itu nggak akan sanggup, orang Indonesia kan pengennya foto langsung di-posting. Nggak mau nunggu acara selesai," kata Rudi.

Oleh karena itu, lanjut Rudi, para penonton akan difasilitasi dan diarahkan untuk menggunakan fasilitas WiFi gratis dengan kapasitas yang disediakan sebanyak 10GB-50GB.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar