Yamaha Lexi

12.000 Relawan akan Terlibat di Beberes Bandung

  Kamis, 09 Agustus 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Warga Kerja Bakti. (Ilustrasi)
JALAN ACEH, AYOBANDUNG.COM--Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia serta Asian Games 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersemangat menyambut dua momentum besar itu. Melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung bakal menggelar acara bertajuk Beberes Bandung yang rencananya dilaksanakan pada 11-12 Agustus 2018. Dikabarkan, 10.000 sampai 12.000 relawan bakal bergerak ikut dalam acara tersebut di seluruh Kota Bandung.
 
Kabid Ekonomi Kreatif Disbudpar Kota Bandung, Tris Avianti menyampaikan pada Beberes Bandung 11 Agustus 2018 bakal digencarkan di lapisan kecamatan dan kelurahan. Untuk Beberes Bandung hari pertama ini, Tris menyebut, Pemkot Bandung bakal melibatkan sekitar 9.000 relawan di seluruh wilayah kota.
 
"Jadi dari masing-masing kecamatan ada 300 relawan dikali 30 maka totalnya sekitar 9.000 orang yang akan berpartisipasi pada beberes Bandung 11 Agusuts 2018," ungkap Tris usai Kegiatan Bandung Menjawab di Taman Sejarah Kota Bandung, Kamis (9/8/2018).
 
Sementara itu, pada hari kedua Beberes Bandung yakni 12 Agustus 2018,  9.000 relawan di kecamatan akan digabungkan dengan para relawan yang mendaftar secara online. Adapun keterlibatan bantuan dari SKPD lain  seperti Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, TNI dan Polri pun akan turut berpartisipasi. Estimasi relawan dikatakan Tris dalam kegiatan ini bisa mencapai 15.000 relawan.
 
"Target kita 10.000 relawan. Tapi sampai saat ini sudah 12.000 relawan. Kemungkinan ini akan terus bwlertambah karena pendaftaran akan ditutup pada Jumat sore," sambungnya.
 
Dijelaskan Tris, fokus kegiatan dari Beberes Bandung ini akan akan berbentuk layaknya kerja bakti mulai dari mengepel trotoar, mengecat putih bangunan tua, menyiram pohon, menanam bunga, mengecat pembatas jalan dan pagar rumah, menyapu taman, hingga membersihkan gorong-gorong.
 
"Ada juga pengecetan tiang listrik dan bangku, pemasangan bendara merah putih, penggantian lampu yang mati, serta penggantian tanaman atau bunga-bunga dengan yang baru. Intinya aksi ini agar Kota Bandung lebih cantik," lanjutnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Arief Prasetya mengatakan sangat terbantu dengan adanya kegiatan tersebut. Pasalnya, target Pemkot Bandung pada tahun ini bisa kembali meraih penghargaan Adipura Kencana. Aksi beberesih ini diharapkan pun bisa dipertahankan dan menumbuhkan rasa memiliki dari seluruh warga Bandung.
 
"Sebetulnya kita sudah cicil dari dua minggu ke belakang dan berkoordinasi dengan kewilayahan untuk memperbaiki fasilitas seperti lampu PJU, pemasangan umbul-umbul Asian Games, ngecet dan lainnya. Tapi puncaknya pada 11-12 Agustus mendatang," tambah Arief.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar