Yamaha Lexi

Misteri Penulis Lagu 'In My Life' The Beatles Terpecahkan

  Rabu, 01 Agustus 2018   Adi Ginanjar Maulana
The Beatles.(NME/Getty)
AYO BACA : Reuni The Beatles di Studio Musik

AYO BACA : Asyik, Katalog Beatles Bisa Diakses Streaming

AYOBANDUNG.COM--Analisis dari dua akademisi Amerika Utara mengklaim almarhum John Lennon sebagai penulis lagu 'In My Life', bukan Paul McCartney.
 
Kedua akademisi bernama Mark Glickman, dosen senior statistika di Harvard, dan Jason Brown, profesor matematika di Dalhousie University menilai, sebelum kematiannya pada 1980, Lennon mengklaim Paul McCartney hanya menulis bagian tengah dan harmoni 'In My Life'.
 
Studi bersama telah menyimpulkan bahwa McCartney kemungkinan besar menulis "misremembers" ‘In My Life’ karena jauh lebih menyerupai gaya salah satu kreasi musik Lennon.
 
Analisis menemukan ada kurang dari 1 dari 50 kemungkinan McCartney telah menulis musik ke 'In My Life'.
 
"Kami bertanya-tanya apakah Anda bisa menggunakan teknik analisis data untuk mencoba mencari tahu apa yang sedang terjadi di dalam lagu untuk membedakannya," kata Glickman sekaligus menceritakan tentang tujuan penelitian, yang menganalisis fitur-fitur seperti frekuensi dan catatan melodi dari lagu-lagu Beatles yang ditulis antara 1962 dan 1966 seperti dilansir NME, Rabu (1/8/2018).
 
Glickman dan Brown menggunakan metode yang disebut stilometri, yang digunakan untuk mencari tahu pencipta asli suatu karya dengan melihat gaya penulisan.
 
Keduanya menemukan lagu Lennon cenderung memiliki garis melodi yang tidak banyak variasi dibandingkan McCartney.
 
“Kemungkinan lagu ‘In My Life ’ ditulis oleh McCartney .018. Berarti itu cukup meyakinkan lagu Lennon," ujar Glickman.
 
Para akademisi menilai lagu-lagu Beatles McCartney sering kompleks dan bervariasi, sementara Lennon hampir tidak berubah.
 
Seorang juru bicara untuk McCartney mengatakan tidak akan menanggapi hasil penelitian tersebut.

AYO BACA : Delapan Lagu Paling Berpengaruh di Dunia

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar