Yamaha Mio S

Beda Nasib Dadang Iklan Rokok dan Dadang Konelo

  Rabu, 25 Juli 2018   Andri Ridwan Fauzi
Dadang Konelo. (twitter).

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Sejak kemarin pagi, sosok Dadang Mulya viral di media massa dan media sosial. Namanya memang kurang populer, tapi jika melihat fotonya, sebagian besar mengenalinya terutama bagi perokok. 

Ya, foto pria asal Desa Pancalang, Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan yang sedang menggendong bayi ini menjadi model yang ada di setiap kemasan rokok. 

Masyarakat baru sadar saat Dadang Mulya muncul ke publik. Dia merasa kecewa karena fotonya tersebar tanpa ada konfirmasi. Selain itu, Dadang pun tidak mendapatkan royalti selama enam tahun fotonya dijadikan sebagai model iklan rokok.
 
Dadang menduga foto tersebut diambil seorang pria tidak dikenal pada 2012. Saat itu, dia mengaku sedang menonton pertandingan sepak bola di lapangan depan kantor Kecamatan Pancalang sambil menggendong anak keduanya, Rizky Indriawan, yang saat itu berusia lima bulan.
 
"Tiba-tiba ada orang naik mobil berhenti di depan saya terus memotret," ujarnya, Selasa (24/7/2018).

Setelah itu, foto Dadang bersama anaknya berada di kemasan rokok.

Pria yang berprofesi sebagai buruh serabutan ini meminta kebijaksanaan kepada pemerintah maupun industri rokok di Indonesia terkait hal tersebut.

"Saya hanya ingin pemerintah ada kesadaran, karena untuk makan saja susah. Rumah saat ini menumpang di mertua," kata Dadang.
 
Dadang juga khawatir foto yang sudah beredar sejak 2012 tersebut dimanfaatkan sejumlah pihak tidak bertanggung jawab. Meski begitu, dia merasa bangga foto tersebut terpajang di bungkus rokok. 
 
Berbeda dengan Dadang Mulya, Dadang Konelo meraih popularitas dan juga penghasilan yang lumayan karena sering diundang mengisi acara. Nama Dadang Konelo menjadi tenar setelah muncul akun Twitter @dadangranjau, @infosebel pada 2011, dan Instagram @dadangkoneloasli pada 2014.

Ia tidak pernah menyangka akun miliknya kini diikuti ribuan orang. Pada Februari 2017, akun komedi itu tersohor di Tanah Pasundan dengan 356.000 pengikut Twitter dan 48.000 di Instagram.

AYO BACA : Ini Sosok Pria yang Menggendong Anak Sambil Merokok di Bungkus Rokok

"Padahal niatnya dulu untuk ngahereuyan babaturan (bercanda kepada teman)," ujar Dadang dengan logat khas Sunda.

Nama Dadang Konelo sendiri terlintas spontan ketika ia sedang melamun meratapi nasib sembari menunggu angkutan umum datang.

"Lalu melihat tukang es krim yang bunyinya tenonet tenonenonet (jingle es krim conello). Di sana langsung kepikiran keren kalau pakai nama konelo," ujarnya tertawa.

Pria berkulit gelap dengan rambut pirang menyamping ini menjadi ikon Dadang Konelo. Namun, latar belakang pria tersebut masih menyikap misteri hingga kini.

"Jadi dia itu dari Facebook, keren gini ya. Enggak tahu siapa, katanya dirawat di Boromeus kena tipes atau rorombeheun (kiki pecah-pecah) gitu," ujarnya sembari bercanda.

Kendati demikian, Dadang sendiri merupakan seorang pria asal Kota Garut yang lahir pada 4 Juni 1988. Dia sempat bekerja di salah satu distro di Kota Bandung, namun memutuskan keluar karena merasa tidak kerasan.

"Asli memang dari Garut. Cuman di Garut tidak terkenal," ujar pria yang gemar bermain sepeda tersebut.

AYO BACA : Kasus Pria Kuningan Dijadikan Model Rokok Terjadi Juga di Spanyol, Belgia, dan Inggris

Sejumlah tato menghiasi lengan kiri Dadang yang sudah dibuat sejak bangku SMA.

Dia mengaku dulu sempat berganti SMA hingga tiga kali karena tidak pernah masuk sekolah.

"Saya orang paling pendek di sekolah. Sering diejek jadi males sekolah," ujarnya mengenang.

Hingga kini Dadang sengaja tidak pernah membuka identitas diri karena beberapa alasan. Bahkan ketika diminta mengisi materi di beberapa perguruan tinggi, Dadang selalu memakai topeng.

Sebab, dulu dia pernah dirundung galau dan mengurung diri dalam rumah selama tiga hari akibat memiliki dua karakter berbeda di dunia maya dan nyata.

"Dulu pernah stres karena dua karakter yang selalu disamakan orang. Itu jadi beban," ujarnya.

Maka, lanjutnya, di saat serius susah karena orang berpikir ia sosok Dadang. Padahal dia mengaku sama seperti manusia biasa.

"Lalu datang cahaya dari atas dan mendengar bisikan jika saya harus selesaikan apa yang telah dilakukan jadi saya senyum yang bikin enjoy," ujarnya tertawa sembari berimajinasi.

AYO BACA : Reaksi Istri Dadang Mulya saat Tahu Foto Suami dan Anaknya di Bungkus Rokok

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar