Yamaha Lexi

Kasus Pria Kuningan Dijadikan Model Rokok Terjadi Juga di Spanyol, Belgia, dan Inggris

  Rabu, 25 Juli 2018   Andres Fatubun
Dorothy Bullock mengajukan gugatan kepada pengadilan setempat karena sebuah merek rokok telah memajang foto suaminya yang tengah sakit tanpa konfirmasi. (David Hedges SWNS.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Seorang pria asal Desa Pancalang, Kecamatan Pancalang, Kabupaten Kuningan mengklaim gambar yang ada di bungkus salah satu merek rokok di Indonesia mirip dengannya. Gambar tersebut berupa sosok pria yang sedang merokok sambil menggendong bayi. Dadang Mulya (42) menuturkan foto tersebut diambil oleh seorang pria yang tidak dikenalnya pada enam tahun lalu. Ketika itu dirinya sedang menonton pertandingan sepak bola sambil menggendong anak keduanya bernama Rizky Indriawan di lapangan depan kantor kecamatan.

Kini Dadang sedang menuntut penyelesaian kasus. Ia khawatir fotonya dalam kemasan rokok tersebut disalahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab. 

Rupanya kasus yang dialami Dadang tidak hanya terjadi di Indonesia. Kasus serupa pernah terjadi di Spanyol dan Inggris.

Disitat dari The Guardian, seorang pria asal Kota Boiro Spanyol dengan inisial FJTA, mengklaim foto orang dengan selang nafas yang dimasukan dalam mulutnya ketika sedang dioperasi di kemasan sebuah rokok adalah foto dirinya. 

AYO BACA : Beda Nasib Dadang Iklan Rokok dan Dadang Konelo

"Itu foto saya," katanya. 

Ia merasa yakin fotonya itu diambil pada tahun 2013 ketika ia menjalani operasi pemasangan implan titanium pada tulang punggungnya. FJTA mengatakan operasi tersbeut tidak berhubungan dengan dampak yang ditimbulkan akibat merokok. 

FJTA sudah melayangkan aduan kepada kepolisian setempat, namun ujung kasusnya tak jelas. Sementara pihak rumah sakit, Layanan Kesehatan Umum Galcian, tempat FJTA dioperasi menyangkal foto itu diambil di tempatnya.

Apa yang dialami FJTA pun dirasakan oleh seorang pria Belgia bernama Serge Nizet pada Juni 2016. Ia kaget ketika melihat bungkus rokok yang memasang foto ayahnya yang sudah meninggal enam tahun lampau.

AYO BACA : Reaksi Istri Dadang Mulya saat Tahu Foto Suami dan Anaknya di Bungkus Rokok

Kepada stasiun televisi lokal, RTL, Nizet menyatakan keberatan dengan pemasangan foto itu.

"Saya tidak mau anak-anak saya melihat foto kakeknya dalam keadaan seperti itu," jelas Nizet.

Kejadian kurang lebih sama terjadi juga di Inggris. Seperti dikutip dari The MIrror, seorang wanita bernama Dorothy Bullock mengajukan gugatan kepada pengadilan setempat karena sebuah merek rokok telah memajang foto suaminya yang tengah sakit tanpa konfirmasi.

Dorothy mengatakan suaminya, Kenneth Barry, difoto dalam keadaan tidak sadar ketika mengalami stroke pada Juli 2015. Ia lupa kejadian persisnya seperti apa, namun yakin foto suaminya itu diambil ketika Barry dirawat selama empat bulan di Rumah Sakit Llandough di Cardiff.

Dorothy yang sudah menikah dengan Barry selama 29 tahun menjelaskan ia mengizinkan jika penyakit suaminya dijadikan bahan untuk penelitian, tapi tidak memperkenankan fotonya diambil. Apalagi untuk kepentingan iklan.

Sementara pihak rumah sakit menyangkal foto yang terpampang dalam kemasan rokok dengan merek Superkings Green adalah sosok Barry. Begitu juga Komisi Uni Eropa, dalam kasus ini, menyatakan foto itu bukan pria bernama Kenneth Barry.     

AYO BACA : Pangdam Siliwangi: Kami Berkomitmen Jaga Kelestarian Sungai Citarum

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar