Yamaha Mio S

Daging Olahan Bisa Meningkatkan Risiko Episode Manik

  Kamis, 19 Juli 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Terlalu banyak mengonsumsi daging asap, hot dog, dan daging olahan lainnya bisa membuat seseorang sulit tidur. Ilmuwan mengingatkan kebiasaan mengonsumsi daging olahan berdampak pada peningkatan risiko seseorang mengalami episode manik.

Episode manik biasanya akan terjadi pada orang dengan gangguan bipolar dan skizoafektif. Episode manik sendiri digambarkan sebagai perasaan bergairah yang tak biasa, perilaku impulsif, dan seringkali terlihat seperti orang mengamuk. Bahayanya, episode manik bisa berujung pada delusi alias waham yang berarti keyakinan yang salah dan bertentangan dengan kenyataan.

AYO BACA : Kunci Kenyamanan Kota Bandung Menurut Ridwan Kamil

Melansir The Sun, para ilmuwan dari John Hopkins University School of Medicine, Baltimore, AS, menganggap senyawa nitrat patut disalahkan dalam kasus ini.

Mereka meneliti rekam medis 1.101 orang dan meneliti apa saja yang biasa dikonsumsi oleh pasien. Pasien yang mendapatkan diagnosa episode manik 3,5 kali lebih banyak mengonsumsi daging olahan yang diawetkan oleh senyawa nitrat.

AYO BACA : Kabupaten Bandung Siap Gelar Festival Kopi Berskala Internasional

Untuk menguji hipotesa yang mereka dapatkan, para ilmuwan melakukan serangkaian percobaan pada tikus. Penelitian yang dipublikasikan dalam Molecular Psychiatry Journal ini menemukan adanya tanda-tanda hiperaktif—atau yang serupa seperti episode manik pada manusia—menyerang hewan pengerat itu. Tanda hiperaktif itu muncul selama beberapa pekan setelah tikus diintervensi oleh makanan yang mengandung senyawa nitrat.

“Kami melihat pengaruh paparan senyawa nitrat pada daging sangat menonjol pada orang-orang yang mengalami episode manik,” ujar pemimpin studi, Prof Robert Yolken. Dengan begitu, kata dia, intervensi diet daging olahan bisa membantu seseorang mengurangi risiko episode manik.

Sebagai informasi, senyawa nitrat telah lama digunakan sebagai pengawet produk daging olahan. Sebelumnya, senyawa nitrat juga dikaitkan dengan beberapa jenis kanker dan penyakit yang menyerang otak.

AYO BACA : Sedikit Bocoran soal Samsung Galaxy Note 9

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar