Yamaha

Catat! Lakukan Tiga Persiapan Ini Untuk Mengikuti Bursa Kerja

  Rabu, 11 Juli 2018   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Sejumlah para pencari kerja saat mendaftar di Mega Career Expo di Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Rabu (11/7). (Eneng Reni/ayobandung)

TAMAN SARI, AYOBANDUNG.COM—Bursa kerja atau job fair bertujuan membantu lulusan anyar mencari kesempatan bekerja. Biasanya, ketika job fair berlangsung, akan ada walk in interview dengan pihak HRD sejumlah perusahaan peserta.

Bertemu dengan calon bos dan membangun jejaring profesional untuk mendapatkan pekerjaan impian adalah langkah penting dalam karier setiap orang. Di momen itu, kamu harus mempromosikan dirimu sekeren mungkin untuk menarik perhatian calon bos.

Dengan begitu, memastikan kesiapan diri sebelum mengikuti job fair adalah penting. Berikut beberapa tips yang bisa kamu persiapkan sebelum mendatangi bursa kerja.

Apa yang harus dipakai?

Sudahkah kamu menyiapkan busana yang tepat untuk mengikuti bursa kerja? Koordinator Lapangan Mega Career Expo, Ferdi Novianto, menyarankan tentang apa yang harus dikenakan para pencari kerja. “Disarankan perempuan memakai atasan kemeja, rok atau gaun, celana, dan blazer,” kata dia di sela-sela gelaran Mega Career Expo di Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Rabu (11/7/2018).

Untuk kesopanan dan tata krama selama melamar pekerjaan, patut bagi perempuan agar tidak mengenakan rok mini. “Pastikan rok setidaknya selutut saat duduk,” katanya.

Semua pelamar disarankan untuk bergaya smart casual. Tampil rapi dan profesional, tapi juga tetap memberikan kesan santai dan kasual. Jangan lupa pula kenakan sepatu yang nyaman untuk berjalan.

Apa yang harus dilakukan?

AYO BACA : Negara Maju Banyak Menggunakan Tenaga Kerja Asing

Hal pertama adalah mencari tahu perusahaan mana yang akan menghadiri bursa kerja. Informasi ini biasanya diberitahukan sebelum penyelenggaraan bursa kerja.

"Seorang job seeker harus mengetahui perusahaan yang sedang diincarnya. Namun, yang paling penting adalah mengetahui bagaimana keterampilan, pengetahuan, dan pengalamannya sesuai dengan apa yang perusahaan cari dengan posisi tertentu yang mereka miliki," tutur Ferdi.

Setelah menjelajahi perusahaan dan posisi lowongan yang mereka sediakan, pelamar harus membuat daftar prioritas berisi nama perusahaan apa saja yang diinginkan. Lalu, siapkan presentasi tentang diri dan keterampilanmu untuk disampaikan ke pihak perusahaan di bursa kerja.

"Pelamar harus menampilkan diri secara profesional, cara yang positif, dan menunjukkan kepada mereka bahwa merekalah kandidat yang luar biasa," ujar Ferdi.

Apa yang harus dibawa?

Tentu saja kamu harus membawa salinan curriculum vitae (CV), baik dalam format cetak ataupun berupa dokumen digital. Soalnya, saat ini banyak bursa kerja menggunakan sistem daring sehingga job seeker tak perlu membawa banyak berkas lamaran untuk dibagikan ke setiap stan.

Cukup unggah dokumen CV dari flashdisk ke database bursa kerja yang kamu datangi. Dengan begitu, datamu akan sampai di semua perusahaan peserta pameran. Kendati demikian, tak ada salahnya pula membawa salinan CV dalam bentuk cetak untuk berjaga-jaga.

Selain itu, pengalaman kerja atau magang juga bisa jadi salah satu pegangan pencari kerja untuk mempromosikan diri. Bawalah portofoliomu.

"Setelah berbagai persiapan disiapkan, perusahaan akan menyeleksi sesuai dengan kualifikasi. Namun, yang pasti dengan sebuah perusahaan ikut bursa kerja, mereka barang tentu menargetkan ingin mendapatkan karyawan sebanyak-banyaknya sesuai kualifikasi yang mereka inginkan," pungkas Ferdi.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar