Yamaha NMax

Mengemas Memori dalam Cayou

  Rabu, 11 Juli 2018   Fathia Uqimul Haq
Cayou, susunan kubus yang menyimpan memori untuk dijadikan hadiah spesial. (Fathia Uqim/ayobandung)

DAGO, AYOBANDUNG.COM--Setiap orang memiliki kenangan, baik dengan mantan kekasih, pasangan, orang tua, atau sahabat. Terkadang tidak selamanya seseorang akan berada dalam "lingkungan" yang sama. Namun, sebuah benda yang menaruh kenangan akan selalu dijaga dan menjadi alat untuk bernostalgia tentang masa lalu yang pernah dirajut bersama.

Begitulah cara kerja memoric. Memoric adalah singkatan dari memori dan cube. Kubus yang menyimpan kenangan dari bentuk foto yang dapat menyimpan lebih dari 10 gambar di dalamnya.

Ide ini berawal dari seorang mahasiswa FSRD ITB, Sholah Ayub. Dia pernah mendapatkan hadiah memoric. Namun, memoric yang dia dapat tidak rapi dan indah.

Lalu, dia mengabadikan hadiah memoric tersebut ke Instagram-nya. Sontak, banyak pesan masuk yang menanyakan pos tersebut.

“Kak, beli di mana? Kak bisa pesan, enggak?” kata Ayub, sapaan akrabnya, kepada ayobandung.com, Rabu (11/7/2018).

Selain itu, teman-temannya juga menanyakan bagaimana cara membeli memoric tersebut. Melihat respons-respons tersebut, Ayub lantas bergegas membuat memoric yang lebih rapi dan elok.

Dia melihat tutorial pembuatannya di Youtube. Setelah merasa mampu, Ayub membeli kubus kayu di pabrik mainan. Setelah itu, dia merangkai sedemikian rupa hingga membentuk memoric yang lebih rapi dan enak dipandang. Tak lupa, dia pun mendesain kubus tersebut supaya bisa memuat delapan foto besar, enam foto kecil, dan dua teks.

“Foto-fotonya dicetak di atas art paper, kemudian ditempel di kubusnya,” ujarnya.

Sekilas memoric tampak seperti rubik. Namun, memoric ini adalah susunan kubus yang dapat berubah-ubah bentuk yang menyusun berbagai foto.

Ayub baru saja merilis produk yang dinamakan “Cayou” ini pada April 2018. Dia mengklaim Cayou buatannya adalah satu-satunya dan belum ada yang membuat sejauh ini.

Keunggulan Cayou sendiri yaitu menjadikan kenangan atau hadiah lebih unik. Selain itu, kustomisasi yang membebaskan pelanggan untuk menaruh foto kenangan sesuka hati. “Kita itu ingin membuat produk yang hadir dari hidupnya,” katanya.

Proses pembuatan Cayou memakan waktu tiga sampai tujuh hari. Kubus dibuat dari kayu mahoni. Satu Cayou membutuhkan delapan kubus.

Cayou hadir untuk memberikan alternatif hadiah ulang tahun, wisuda, hari ulang tahun pernikahan, dan segala yang melibatkan hubungan satu sama lain.

Satu Cayou dibanderol Rp100.000. Rencananya, Cayou akan membuat produk lain--gabungan antara mainan yang bersifat infinite alias tak berbatas atau berulang--seperti memoric ini. Cayou akan mengutamankan kustomisasi supaya pelanggan bisa lebih puas dan bebas menaruh harapan dalam sebuah hadiah.

Untuk pemesanan, Ayub menganjurkan untuk mengeklik bit.ly/ordermemoric atau melalui Instagram @_cayou.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar