Yamaha NMax

Piala Dunia 2018: Produktivitas Kane Diuji dalam Laga Inggris Kontra Swedia

  Sabtu, 07 Juli 2018   Asri Wuni Wulandari
Harry Kane. (Reuters)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM—Inggris bakal berhadapan dengan Swedia pada babak perempat final Piala Dunia 2018, Sabtu (7/7/2018) malam nanti.

Kegagalan Inggris lolos dari babak delapan besar pada Piala Dunia 2002 dan 2006, juga penampilan yang buruk pada 2010 dan 2014 menunjukkan kegagalan The Three Lions dalam memaksimalkan pemain-pemain yang disebut generasi emas seperti Steven Gerrard, Frank Lampard, Rio Ferdinand, dan Wayne Rooney.

Namun, kini Inggris hadir di Rusia dengan wajah-wajah anyar. Sejumlah pemain muda hadir di deretan itu, seperti Harry Kane, Marcus Rashford, Raheem Sterling, Dele Alli, dan Jordan Pickford. Kali ini, Inggris patut percaya diri lantaran produktivitasnya dengan mencetak sembilan gol berkat ketajaman Harry Kane.

Ketajaman Harry Kane ini akan diuji lapisan tembok Swedia yang cuma kebobolan dua gol selama turnamen di Rusia.

Swedia sendiri melaju tanpa pemain ikonik, Zlatan Ibrahimovic. Kendati demikian, mereka tetap berpotensi membikin Inggris kerepotan lantaran kekuatan yang merata di semua lini. Apalagi, mengingat catatan bahwa Inggris cuma menang dua kali atas Swedia dalam 15 pertandingan terakhir.

“Kami pikir mereka tim yang sangat kuat,” ujar Gareth Southgate pada konferensi pers pra-pertandingan. “Saya telah terlibat dalam pertandingan melawan Swedia berkali-kali dan tim itu selalu memiliki identitas yang kuat.”

Wajar jika Southgate begitu mengelu-elukan Swedia. Sebab, Swedia mampu lolos dari grup yang dihuni Jerman dan berhasil mengalahkan Prancis pada kualifikasi Piala Dunia serta menyingkirkan Italia pada playoff.

Di sisi lain, pelatih Swedia, Janne Andersson, meyakini bahwa Inggris telah melepaskan gaya kick and rush di masa lalu dan bertransformasi menjadi tim yang lebih dinamis.

Salah satu kekuatan Swedia adalah benteng pertahanan yang kuat karena hanya kebobolan dua gol selama turnamen di Rusia saat ditekuk Jerman 2-1.

Prediksi susunan pemain

Swedia: Robin Elsen, Emil Krafth, Victor Lindelof, Andreas Granqvist, Ludwig Augustinsson, Viktor Claesson, Sebastian Larsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg, Marcus Berg, Ola Toivonen.

Inggris: Jordan Pickford, Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Kieran Trippier, Dele, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Ashley Young, Raheem Sterling, Harry Kane

Statistik

  1. Laga ini merupakan pertemuan ke-23 antara kedua tim dengan tujuh kemenangan untuk Inggris, tujuh kemenangan untuk Swedia, dan sembilan hasil imbang.
  2. Swedia berlaga di perempat final Piala Dunia untuk kelima kalinya setelah melaju ke semifinal pada 1938, 1958, dan 1994.
  3. Inggris mencapai perempat final Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 2006, saat kalah adu penalti atas Portugal. Inggris tak pernah lolos ke semifinal sejak 1990.
  4. Inggris hanya dua kali lolos ke semifinal dari delapan perempat final Piala Dunia sebelumnya pada tahun 1966 dan 1990.
  5. Sebelas dari 14 gol terakhir Swedia di Piala Dunia dicetak di babak kedua, termasuk lima dari enam gol mereka di Rusia.

Prediksi skor:

Sejumlah media berlomba-lomba memprediksi skor akhir laga Inggris vs Swedia ini, berikut di antaranya:

SkySports: Inggris 1-0 Swedia

The Sun: Inggris 1-1 Swedia

ESPN: Inggris 2-0 Swedia

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar