Yamaha Aerox

Tips Tetap Sehat saat Cuaca Sangat Dingin Melanda Bandung

  Sabtu, 07 Juli 2018   Fathia Uqimul Haq
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Biasa hidup di suhu yang sejuk, alam yang tropis, membuat Indonesia menjadi negara paling ideal karena disinari matahari setiap hari. Terkadang ada beberapa fenomena jarang yang membuat masyarakat kaget dan perlu adaptasi.

Sebut saja suhu udara yang lebih dingin dari biasanya yang membuat masyarakat jadi mudah terserang penyakit. Apalagi bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit seperti asma atau alergi. Suhu udara rendah dapat menimbulkan berbagai macam reaksi dan menurunya sistem imun.

dr. Apriani Muliawati berbagi tips supaya tubuh tetap sehat dalam suhu udara dingin sebagaimana yang kini tengah melanda Kota Bandung dan sekitarnya.

 

Gunakan pakaian tebal

Saatnya untuk mengecek koleksi jaket dalam lemari. Gunakan jaket setiap saat, sekalipun itu saat tidur di malam hari. Biarkan jaket senantiasa menemani hari-harimu, apalagi bagi kamu yang beraktivitas dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Selain jaket, gunakan juga kaus kaki tebal supaya kaki dan badan tetap terasa hangat dan terjaga saat tidur. Sebab, cuaca dingin juga bisa membuat susah tidur.

AYO BACA : Suhu Udara Bandung Lebih Dingin, Ini Dampaknya pada Kesehatan

Minum air hangat

Minum air hangat agar badan tetap terhidrasi dan perut terasa nyaman. Jika kamu terserang pilek, batuk, dan asma, kamu juga perlu menghirup uap dari air hangat yang diberi kayu putih.

Suhu yang dingin juga bisa membuat seseorang dehidrasi karena tubuh banyak kehilangan cairan. Tanpa disadari, seseorang mengalami dehidrasi. Minum air putih minimal sebanyak dua liter dalam sehari.

Hindari jajanan tidak sehat

Untuk sementara waktu ini, tinggalkan seblak dan cilok yang menggoda di pinggir jalan. Cuaca yang tidak bersahabat mengharuskan kamu untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, seperti buah dan sayur-mayur yang dapat menjaga daya tahan tubuh.

Sempatkan berolahraga

Tak ada alasan untuk tidak berolahraga. Cobalah berjalan kaki mengelilingi komplek sembari menyapa tetangga pada pagi hari. Selain itu, kamu juga bisa melakoni senam kardio sendiri di rumah.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar