Yamaha NMax

Panti Sosial di Sukabumi Pernah Rawat Orang Mirip Nining Sunarsih

  Selasa, 03 Juli 2018   Hengky Sulaksono
Kolase foto Mrs X12 (kiri) dan Nining Sunarsih (kiri).(Ist)
SUKABUMI, AYOBANDUNG.COM--Misteri identitas dan asal-usul penemuan warga diduga Nining Sunarsih (52) yang berasal Kampung Cibunar, Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, masih dibayangi kabut. 
 
Nining yang ditemukan terdampar di Pantai Istiqomah, Palabuhanratu Sabtu (30/6/2018) malam lalu diyakini sebagai korban selamat setelah dinyatakan hilang akibat tenggelam selama 1,5 tahun.
 
Perempuan paruh baya ini diyakini sempat tenggelam sebelum kemudian berhasil ditemukan dalam kondisi yang memprihatinkan. Namun demikian, cerita soal hilangnya Nining akibat tenggelam bukan satu-satunya versi yang mengemuka. 
 
Terdapat pula narasi lain yang menyatakan jika terdapat orang mirip Nining yang dirawat di sebuah panti rehabilitasi semasa hari-hari Nining dinyatakan hilang. Orang tersebut diyakini sebagai Nining.
 
Ketua Yayasan Panti Sosial Rehabilitasi Mental Aura Welas Asih, Deni Solang mengatakan jika pihak panti pernah merawat orang dengan gangguan jiwa berperawakan mirip Nining. 
 
Orang tersebut dirawat selepas pihak panti melakukan razia di kawasan sekitaran Pasar Palabuhanratu pada November 2017 lalu.
 
"Jadi kami memang sempat menemukan yang mirip Ibu Nining. Dulu waktu ditemukan agak gemuk, sekarang agak kurusan. Saya juga ngenalin kalau memang itu (Nining) adalah pasien kita waktu itu," kata Deni, Selasa (3/7/2018) sore.
 
Saat pertama kali ditemukan, sosok yang lantas dinamai sebagai Mrs X12 ini tak mengantongi identitas apapun. Pasien tersebut, lanjut Deni, kabur pada bulan Januari 2018 setelah mendapatkan perawatan selama tiga bulan.
 
Selama berdiam di panti rehabilitasi, Deni mengatakan Mrs X12 tak bisa diajak berkomunikasi. Hal tersebut membuat pihak panti kesulitan mengidentifikasi identitas dan melacak keberadaan keluarga Mrs X12. 
 
Dia juga tak bisa mendapatkan informasi ihwal peristiwa yang dilalui si pasien, termasuk dugaan tenggelam, lantaran dia terus membisu.
 
Deni menaksir umur Mrs X12 yang ditemukan berada di atas 45 tahun, sementara tinggi badan perempuan tersebut berkisar 155 sentimeter. Profil fisik Nining dan Mrs X12 menurut Deni terbilang cocok belaka.
 
"Saya sudah ketemu langsung dengan Ibu Nining setelah ditemukan, dan memang dari yang saya lihat itu mirip dengan pasien yang waktu itu. Kecuali berat badannya yang turun. Sekarang sekitar 40 sentimeteran. Saya ingat karena memang dia pernah kami rawat," katanya.
 
Deni mengaku tak bisa memastikan 100% apakah sosok Mrs X12 yang dia rawat merupakan Nining yang dinyatakan hilang akibat tenggelam. Sebabnya, tak ada ciri-ciri fisik spesifik yang ditemukan pihak panti terdapat dalam tubuh Mrs X12 ataupun Nining.
 
"Kalau tanda khusus di badan enggak ada. Tapi dari perwakannya itu sama. Saya juga sudah dimintai keterangan, di-BAP sama polisi untuk membantu penyelidikan mereka. Saya jawab semua berdasarkan yang saya ketahui bahwa Ibu Nining memang mirip dengan pasien saya," kata dia.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar