Yamaha NMax

Apa yang Harus Dimakan Setelah Yoga Menurut Ahlinya?

  Sabtu, 30 Juni 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi yoga. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Jangan pikir bahwa yoga itu santai dan tidak melelahkan. Jika kamu seorang yogi yang rajin mencoba pose-pose kompleks, kamu akan mendapatkan pengalaman olahraga yang menantang.

Sesi yoga bisa sama melelahkan dengan satu jam angkat beban dan lari cepat. Sama seperti olahraga lainnya, dibutuhkan pula asupan makanan yang tepat setelah sesi yoga usai. Sebab, apapun yang membutuhkan energi dan menggerakkan tubuh akan menuntut pengisian bahan bakar dalam tubuh.

“Latihan apapun membuat Anda bekerja. Ketika otot Anda bergerak, tingkat energi Anda akan turun. Dan apa yang Anda lakukan ketika tubuh Anda membutuhkan bahan bakar? Anda harus makan,” ujar salah seorang instruktur yoga, Stephanie Ferrari, melansir Elite Daily.

Ferrari mengatakan bahwa yoga sama seperti latihan fisik lainnya. Ketika seseorang melakukan yoga, dia akan menggunakan seluruh kekuatan otot-ototnya. Selain itu, sistem kardiovaskular juga secara otomatis akan diaktifkan. Dengan kata lain, kondisi itu berujung pada pembakaran satu ton kalori dalam tubuh.

Yoga memang akan berjalan lebih lambat jika dibandingkan dengan olahraga lainnya. Namun, justru ritme lambat dan santai itulah yang membuat seseorang lebih mudah merasa lapar.

Semangkuk es krim mungkin begitu lezat dibayangkan jika dinikmati setelah yoga. Keringat yang turun akan menjadi lebih dingin dengan es krim. Namun, itu tak banyak berpengaruh untuk otot.

Jadi, apa yang harus dimakan setelah yoga? Ahli instruktur yoga, Keri Gans, mengatakan bahwa makanan dengan kandungan karbohidrat dan protein sangat baik dikonsumsi setelah yoga. Itu berfungsi untuk mengisi kembali massa otot. “Dengan kata lain, karbohidrat untuk energi, dan protein untuk memperbaiki otot,” ujar dia.

Pada dasarnya, aturan ini berlaku untuk kapan pun, tak selalu setelah berlatih yoga. Sebagai contoh, Gans menyarankan semangkuk yogurt untuk dikonsumsi setelah yoga. Berikan irisan apel dan almond di atasnya. Selain itu, kamu juga bisa membuat roti bakar dan telur untuk sarapan, sayur-mayur untuk makan siang, dan salad pasta gandum dengan kacang untuk makan malam.

Selain itu, perbanyak pula konsumsi air mineral untuk mencegah dehidrasi, sakit kepala, dank ram otot. “Selama Anda memastikan kudapan yang dikonsumsi itu bergizi, Anda akan baik-baik saja,” kata dia.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar