Yamaha Mio S

Polandia dan Tuah Lewandowski

  Selasa, 12 Juni 2018   Andres Fatubun
Timnas Polandia. (worldsoccer)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Polandia adalah salah satu negara kuat dalam bidang sepak bola di Eropa, tapi miskin gelar. Dari 21 kali penyelenggaraan Piala Dunia, Polandia baru tujuh kali ikut serta. Partisipasinya terakhir kali pada Piala Dunia 2006 di Jerman dan tidak lolos dari babak penyisihan grup. Sedangkan prestasi terbaiknya adalah menyabet peringkat tiga di Piala Dunia 1972 dan 1982.

Di Piala Dunia 2018, Polandia memiliki kans untuk mengulang prestasi di tahun 1970-an berbekal sejumlah pemain bintangnya yang relatif masih muda. Salah satunya adalah Arkadiusz Milik yang bermain di Napoli. Pemain berusia 24 tahun memiliki kemampuan tinggi sebagai striker. Sejumlah pengamat sepak bola menyatakan ia akan menyita perhatian sejumlah pelatih dunia.

Selain Milik, masih ada pemain yang berperan sentral yaitu penjaga gawang. Polandia dikarunia dua penjaga gawang yang mumpuni yaitu Wojciech Szczesny and Lukasz Fabianski. Szczesny yang dijual Arsenal ke Juventus diproyeksikan menjadi pengganti Gianluiggi Buffon. Ia tercatat sebagai penjaga gawang tercepat yang meraih 10 kali clean sheet di Liga Utama Italia. 

Sama halnya Ronaldo di Portugal, maka Polandia punya jimat pada diri Robert Lewandowski. Pemain yang membela Bayern Muenchen tersebut mencetak 16 gol selama babak kualifikasi atau yang paling banyak sedunia. Lewandowski mencetak lebih dari separuh gol Polandia selama babak tersebut.

Lawan pertama Polandia babak penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 adalah Senegal yang akan dihadapi pada 19 Juni. Dua pertandingan berikutnya adalah Kolombia di tanggal 24 Juni dan pamungkas melawan Jepan pada 28 Juni.     

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar