Yamaha Mio S

Hindari Kematian Dini dengan Gaya Hidup Sehat Ini

  Minggu, 27 Mei 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Berumur panjang menjadi impian banyak orang. Namun, gaya hidup di zaman kiwari membuat kematian dini mengintai kita.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University menemukan lima kebiasaan yang mampu memperpanjang harapan hidup. Penelitian itu mengklaim, kebiasaan itu mampu meningkatkan harapan hidup wanita hingga 14 tahun dan 12 tahun untuk pria.

Melansir The Independent, penelitian yang dilakukan selama lebih dari 30 tahun itu menemukan bahwa menerapkan gaya hidup sehat memiliki risiko 74% lebih rendah dari kematian dini.

Penelitian menyertakan data dari 78.865 wanita Amerika selama 34 tahun dan 44.354 pria selama 27 tahun penelitian. Penelitian menemukan, ketika seseorang menginjak usia 79 tahun, orang Amerika memiliki harapan hidup yang lebih rendah daripada hampir semua negara berpenghasilan tinggi lainnya.

Meningkatnya harapan hidup itu bisa tercapai dengan lima kebiasaan meliputi pola makan sehat, olahraga teratur, menjaga berat badan yang sehat, tidak banyak mengonsumsi alkohol, dan tidak merokok.

Mereka yang menerapkan gaya hidup sehat, 82% kecil kemungkinan meninggal akibat penyakit kardiovaskular. Selain itu, gaya hidup sehat juga menghindari seseorang dari risiko kematian akibat kanker.

Penelitian yang diterbitkan dalam Circulation Journal ini berharap dapat mengukur efek gaya hidup pada tingkat harapan hidup di AS. Dua hal terbesar yang mampu meningkatkan harapan hidup adalah kebiasaan tidak merokok dan menjaga berat badan tubuh sehat. Tak hanya itu, aktif selama 30 menit dalam sehari, menjaga asupan alkohol, dan menerapkan pola makan yang sehat juga mampu menurunkan risiko kematian dini.

“Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya mengikuti kebiasaan gaya hidup sehat untuk meningkatkan umur panjang,” ujar salah seorang peneliti, Frank Hu. Dia menyayangkan rendahnya kedisiplinan manusia zaman kiwari untuk menerapkan gaya hidup sehat.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar