Yamaha NMax

Sulit Bangun Sahur? Coba Ikuti 5 Tips Ini

  Senin, 21 Mei 2018   Arditya Pramono
Ilustrasi tidur. (Pixabay)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Bagi sebagian orang, bangun sekitar pukul 03.00–04.00 WIB untuk sahur bukanlah perkara mudah. Beberapa orang yang terbiasa tidur larut malam harus bersusah payah untuk bangun sebelum azan Subuh. Apakah kamu termasuk di antaranya?

Nah, agar bisa bangun untuk sahur dan melancarkan ibadah puasa, kamu bisa mengikuti beberapa tips ini.

 

Tidur malam lebih cepat

Mau tak mau, hal paling penting pertama yang harus dilakukan adalah tidur malam lebih cepat dari biasanya. Usahakan agar tertidur pada pukul 21.00 WIB atau 22.00 WIB.

Taruh jam beker yang jauh dari tempat tidur 

Jam beker adalah solusi. Namun, taruhlah jam bekermu pada posisi yang jauh dari tempat tidur. Saat alarm berbunyi, kamu mau tak mau harus bangun dari tempat tidur dan mematikan suara dering jam beker. Itu bisa jadi cara ampuh agar kamu tidak tidur kembali.

Hindari semua minuman mengandung kafein

Hindari minum kopi atau teh yang memang mengandung kafein sebelum tidur di malam hari. Sebab, kafein bisa membuat seseorang sulit tidur. 

Olahraga

Usahakan berolahraga terlebih dahulu sebelum tidur di malam hari. Usai olahraga, tubuh akan merasa kelelahan. Nah, tubuh yang lelah membuat seseorang cepat terlelap dalam tidur. Lantas, tidur pun akan berkualitas dan kamu siap bangun untuk menjalani sahur.

Niat

Tidak ada tips yang paling ampuh daripada niat. Kalau kamu sudah niat berpuasa, terutama bangun saat subuh untuk sahur dan salat Subuh, insya Allah kamu mudah bangun tepat waktu.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar