Yamaha Aerox

Cara Menjaga Asam Lambung Saat Puasa

  Minggu, 20 Mei 2018   Husnul Khatimah
Ilustrasi.

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM--Puasa menjadi praktik di banyak budaya dan agama. Puasa sering dilakukan sebagai ibadah keagamaan dan sering juga dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi masalah kesehatan.

Meskipun ada banyak manfaat dari berpuasa untuk tubuh, namun puasa juga bisa menjadi tantangan sampai tubuh Anda terbiasa dengan itu. Selama periode awal puasa, seseorang mungkin mengalami masalah serangan asam pada perut. Keasaman itu dapat menyebabkan sakit maag dan ketidaknyamanan di daerah perut bagian atas tubuh.

Meskipun keasaman merupakan masalah umum, hal itu dapat diatasi dengan memperhatikan beberapa hal. Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari keasaman selama puasa Anda.

Air panas
Penting untuk tetap terhidrasi selama puasa. Minum air hangat atau air panas dapat membantu Anda saat berpuasa dibandingkan air dingin. Juga, disarankan untuk minum air dalam jumlah yang kecil secara perlahan daripada minum dengan jumlah air yang besar secara cepat. Ketika perut dipenuhi dengan sejumlah besar air, masalah keasaman juga mungkin akan terjadi.

Minuman Dingin
Selama berpuasa, ada baiknya untuk memasukkan minuman dingin. Minuman dingin seperti buttermilk dan susu dingin sangat efektif untuk mengatasi masalah keasaman Anda selama berpuasa. Buttermilk menenangkan dan membuat perut tetap dingin. Minum susu dingin tanpa gula juga dapat membantu menghilangkan rasa panas yang disebabkan oleh keasaman selama berpuasa.

Buah-buahan
Buah-buahan tertentu seperti pisang dan melon dapat menghasilkan keajaiban bagi puasa Anda. Pisang mengandung kadar potasium yang tinggi, yang diketahui dapat memerangi dan mencegah keasaman. Ini juga mengandung serat, yang baik untuk tubuh selama berpuasa. Ini juga membantu menjaga tingkat pH dalam tubuh seimbang. Demikian pula, melon juga membantu melawan keasaman. Buah-buahan ini bisa menjadi ide yang sangat bagus ketika Anda sedang puasa.

Air Kelapa
Air kelapa adalah minuman alami yang merupakan solusi efektif dan merupakan cara yang sangat sehat untuk menangani keasaman. Minum air kelapa membantu menyeimbangkan kadar pH dan efektif dalam menyiram racun berbahaya dari tubuh. Ini sangat membantu dalam menyembuhkan gejala keasaman.

Hindari Buah Jeruk Saat berpuasa
Seseorang harus memilih buah non-asam untuk mencegah keasaman. Hindari konsumsi buah jeruk seperti jeruk, grapefruit dan lemon saat berpuasa. Buah yang mengandung asam seperti itu dapat memperburuk masalah keasaman saat puasa.

Bersikaplah Seraya Melanggar Puasa
Setelah jam puasa usai, disarankan untuk berbuka puasa dengan air dan buah-buahan bukannya langsung makan  dengan porsi yang banyak. Makan makanan yang sehat dan kunyah makanan secara benar untuk menghindari keasaman pasca berpuasa.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar