Yamaha Mio S

Disdukcapil Kabupaten Bandung Ingin Pembuatan KTP-el Lebih Cepat

  Jumat, 18 Mei 2018   Mildan Abdalloh
Ilustrasi -- Seorang petugas saat melayani warga melakukan perekaman KTP-el. (Irfan Alfaritsi/ayobandung)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM--Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bandung menargetkan pelayanan pembuatan KTP-el bisa dilakukan dengan cepat. Sampai saat ini, sekitar 90% dari 2,3 juta penduduk wajib KTP di Kabupaten Bandung telah melakukan perekaman.

“Sebagian besar penduduk yang telah melakukan perekaman sudah mengantongi fisik KTP-el. Sekarang masih ada sekitar 50.000 yang sedang dalam proses pencetakan,” ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Bandung, Salimin, Jumat (18/5/2018).

Sebanyak 50.000 penduduk tersebut masuk dalam data print ready record (PRR) atau sudah direkam dan siap untuk dicetak. “(50.000 KTP-el yang sedang diproses) Tersebar di seluruh kecamatan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa selesai seluruhnya,” ujar Salimin.

Dari 31 kecamatan yang ada, 13 di antaranya sudah bisa melakukan pelayanan pencetakan KTP-el dalam waktu satu hari. Di antaranya Arjasari, Cangkuang, Cicalengka, Cilengkrang, Cimenyan, Ibun, Katapang, Kertasari, Margahayu, Pacet, Pasirjambu, Rancabali, dan Solokanjeruk. "Penduduk di kecamatan tersebut bisa langsung datang untuk perekaman dan satu hari KTP langsung jadi," kata Salimin.

Namun, kelancaran proses pencetakan akan tergantung oleh jaringan. Jika jaringan mengalami gangguan, maka proses pencetakan pun akan terganggu. “Kalau jaringan lancar, satu hari kecamatan bisa mencetak 100-150 KTP,” imbuh Salimin. Sementara sisanya, proses pembuatan KTP-el akan memakan waktu kurang lebih 14 hari kerja di 18 kecamatan.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar