Yamaha Lexi

Makan Cumi Ekstra Besar Ala Squidmore

  Rabu, 02 Mei 2018   Fathia Uqimul Haq
Bina, juru masak cumi Squidmore, sedang membakar cumi di atas alas pembakaran pada bazar kuliner perayaan Konferensi Asia Afrika, belum lama ini. (Fathia Uqim/ayobandung)

JL. ASIA AFRIKA, AYOBANDUNG.COM--Bagi pencinta makanan laut (sea food), belum sah jika belum mencoba Squidmore. Cumi besar yang disajikan dengan pembakaran sempurna. Aromanya yang khas menambah selera makan apalagi ditambah nasi hangat.

Squidmore yang berlokasi di Jalan Cibaduyut Lama No. 17 ini, bisa ditemukan di bazar yang berada di Kota Bandung. Salah satunya di bazar makanan saat perayaan Konferensi Asia Afrika belum lama ini.

Cumi yang dimasak berukuran besar dan panjang, berbeda dari cumi biasanya yang ada di warung tenda. Kemudian, cumi dipotong hingga berbentuk gelang-gelang dan dibakar di atas alas pembakaran. Satu porsi squidmore yang dibanderol Rp35.000 itu mendapatkan satu ekor cumi. Jika ingin menambah nasi, tinggal menambah Rp5.000 saja.

Sekitar 10 menit waktu pembakaran, cumi siap disajikan. Sebelum diangkat, biasanya cumi disemprot api khusus makanan supaya kematangan lebih merata.

Bina (28), pegawai Squidmore berkata, kudapan ini memiliki varian rasa barbeque, black pepper, dan original. 

“Barbeque sudah habis, paling laku,” katanya.

Untuk menghilangkan aroma amis, cumi direndam dalam air yang telah diberi cuka atau jeruk nipis selama 10 menit. Kemudian cumi dibakar dan diberi rempah-rempah khusus supaya menambah kelezatan rasa cumi khas squidmore.

Dalam sehari, 200 ekor cumi ludes terjual apalagi jika membuka stan di bazar. Cumi yang  disajikan dipasok dari berbagai daerah, diantaranya dari Cirebon dan Pangandaran.

Cumi khas squidmore tidak alot, alias mudah dikunyah dan bumbunya meresap hingga ke dalam. Kematangannya yang pas membuat cumi ini cepat habis dilahap.

Bumbu black pepper cocok untuk pencinta kuliner yang suka dengan sensasi pedas dari merica. Namun, tidak membuat rasa pedas bak diberi saus cabai.

Karena rasanya yang cukup asin, squidmore memang cocok dilahap sebagai tambahan nasi. Pengemasannya pun cukup baik, di atas kardus makanan yang bisa ditutup. Jangan khawatir karena mereka akan memberikan sendok untuk memakannya.

Kedai Squidmore buka dari pukul 16.00-22.00 WIB. Namun, pencinta kuliner dapat mengunjungi Squidmore di berbagai bazar kuliner di Bandung. Untuk mengetahui informasinya dapat mengikuti Instagram @cumibakarsquidmore.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar