Yamaha Mio S

Cahaya Lampu Bisa Sembuhkan Rasa Nyeri Kronis?

  Kamis, 26 April 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Sebuah penelitian anyar menemukan bahwa hanya dengan menyalakan lampu, rasa nyeri akan hilang.

Melansir Live Science, penelitian yang diterbitkan dalam Nature Communication Journal ini berfokus pada jenis nyeri kronis yang disebut neuropatik. Gangguan ini diakibatkan oleh kerusakan sistem saraf. Orang-orang dengan kondisi ini akan mengalami rasa sakit yang parah, bahkan sekalipun itu mendapat sentuhan paling ringan.

Para peneliti di Italia untuk pertama kalinya mengindentifikasi jenis sel saraf yang menyebabkan kepekaan ini terhadap sentuhan lembut pada tikus. Kemudian, mereka juga mengembangkan cahaya sensitif dan beberapa zat kimia yang berfungsi untuk mengikat sel saraf ini.

Ketika tikus dengan nyeri neuropatik disuntik dengan bahan kimia tersebut dan disinari oleh cahaya inframerah dari jarak dekat, rasa sakit yang dideritanya pelan-pelan menghilang. Biasanya, tikus dengan nyeri neuropatik akan segera menarik kaki mereka ketika ada sentuhan yang membuatnya sakit. Namun, setelah terapi, tikus menunjukkan refleks normal pada setiap sentuhan.

“Ini seperti memakan kare yang kuat, yang membakar ujung saraf di mulut dan membuat mereka tidak sensitif untuk beberapa waktu,” ujar pemimpin studi, Paul Heppenstall, dari Laboraturium Biologi Molekuler Eropa di Roma, Italia.

Terapi secara khusus menargetkan sel-sel saraf yang sensitif terhadap sentuhan. “Sel-sel saraf lain seperti merasakan getaran dan merasakan dingin atau panas, tidak terpengaruh oleh terapi cahaya,” ujar Heppenstalls.

Namun, penelitian ini baru diujikan pada tikus. Artinya, banyak penelitian lebih lanjut yang diperlukan untuk melihat apakah terapi itu benar-benar bisa menjadi penghilang rasa sakit bagi manusia.

“Banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum kami dapat melakukan penelitian serupa pada orang-orang degan nyeri neuropatik,” ujar Heppenstall.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar