Yamaha Mio S

Hasil Studi: Kekayaan Seseorang Tercermin dari Wajahnya

  Kamis, 26 April 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM—Kalau ingin tahu apakah seseorang itu kaya atau tidak, amati saja wajahnya dalam-dalam. Jangan kaget, karena kekayaan bisa dilihat dari wajah seseorang.

Hal itu dikatakan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology. Disebutkan dalam penelitian tersebut, seseorang dengan harta melimpah cenderung hidup lebih bahagia dibandingkan mereka yang hidup dengan tingkat ekonomi rendah. Para peneliti menunjukkan bahwa perbedaan kesejahteraan ini tercermin dalam wajah.

Riset dilakukan oleh University of Toronto ini menjadikan mahasiswa tingkat akhir sebagai peserta dengan menilai foto hitam putih dari 80 pria kulit putih dan 80 wanita kulit putih.

Setengah dari foto-foto itu merupakan orang yang menghasilkan lebih dari sekitar Rp2 miliar per tahun sebagai representasi masyarakat kelas atas dan setengah lainnya berpenghasilan Rp481 juta per tahun sebagai representasi masyarakat kelas menengah.

Ketika peserta diminta untuk menebak kelas sosial orang-orang tersebut, sebanyak 68% adalah benar.

“Saya tidak mengira efeknya akan cukup kentara, terutama mengingat betapa tipis perbedaan wajah,” ujar salah seorang peneliti, Nicole Rule, seorang profesor psikologi dari University of Toronto.

Para peneliti memastikan bahwa peserta riset benar-benar tidak mengetahui petunjuk apa yang mereka gunakan ketika mereka memberikan sebuah penilaian. Artinya, penebakan kelas sosial itu dilakukan secara tidak sadar.

Untuk memastikan foto-foto tersebut, periset menggunakan fitur zoom. Hasilnya, mereka menemukan bahwa subjek masih bisa menebak dengan benar ketika diminta untuk menebak kelas sosial hanya dengan mengamati mata dan mulut.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar