Yamaha Aerox

Ketahui Kanker Serviks dengan Tes IVA

  Kamis, 22 Maret 2018   Hengky Sulaksono
Ilustrasi. (pixabay.com)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Sampai detik ini, kanker masih menduduki peringkat pertama sebagai penyakit paling mematikan di dunia. Langkah preventif sebagai upaya pencegahan kanker bisa dilakuan setiap warga dengan menerapkan pola hidup sehat.

Khusus bagi perempuan, mereka bisa melakukan deteksi dini kanker serviks melalui tes Infeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA). Tes ini dilakukan dengan memeriksa kesehatan organ genital dan leher rahim.

"Sebagai perempuan sudah sepatutnya melakukan pencegahan dengan menerapkan pola hidup sehat dan melakukan deteksi dini melalui tes IVA,” kata Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Bandung, Ema Jubaedah, di Soreang, Rabu (21/3/2018).

Tes IVA merupakan cara sederhana yang terbilang efektif dalam mendeteksi kanker serviks. Bidan akan mengoleskan cairan asam asetat ke area serviks wanita, lalu melihat ada atau tidaknya perubahan warna.

Bila warna serviks tetap kemerahan, artinya kondisi pasien sehat. Jika terdapat titik-titik putih, itu merupakan tanda keberadaan lesi prakanker atau kanker serviks sehingga pasien perlu dirujuk untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

Dijelaskan, tes IVA ini penting dilakukan sebab kenker serviks merupakan salah satu jenis kanker paling mematikan bagi kaum Hawa. Ema menyebut dengan IVA Test, seorang perempuan dapat memperkecil risiko terkena kanker serviks.

“Seorang perempuan yang belum terdiagnosa menderita kanker dianjurkan tes IVA untuk menghindari kemungkinan terjangkit. Namun, bagi penderita juga dapat menjalankan pengobatan yang tepat agar dapat meningkatkan kualitas hidup,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bandung, Nia Kurnia Agustina menyatakan, pelayanan pemeriksaan IVA di Kabupaten Bandung baru tersedia di 22 Puskesmas dengan 22 tenaga kesehatan terlatih dan 15 dokter.

Dalam upaya pencegahan tersebut, dia mengharapkan agar kaum perempuan, khususnya yang berada di Kabupaten Bandung, bisa melakukan pemeriksaan IVA sesuai dengan wilayah tempat tinggalnya masing-masing.

“Saya harap pemeriksaan IVA ini bisa dilakukan kaum perempuan di Puskesmas masing-masing. Selain menghemat biaya, upaya preventif ini akan sangat bermanfaat. Karena jika sudah tervonis penyakit kanker serviks, kerugian bukan saja secara fisik, psikis bahkan ekonomis,” tegasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar