Yamaha Mio S

Peneliti Temukan Obat Menopause yang Ampuh Atasi Hot Flushes

  Jumat, 16 Maret 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (stockvault.com)

BUAHBATU, AYOBANDUNG.COM – Sebuah penelitian menemukan obat yang ampuh mengurangai hot flushes atawa kepanasan dan perasaan sulit tidur saat wanita memasuki masa menopause.

Melansir The Telegraph, penelitian oleh Imperial College London ini menemukan bahwa senyawa obat tersebut dapat mengurangi jumlah hot flushes sebanyak tiga perempat. Obat ini disebut-sebut juga sebagai alternatif dari hormone replacement therapy (HRT)

Selain itu, wanita yang menggunakan obat tersebut juga dilaporkan mengalami penurunan gangguan tidur selama 82%.

Setiap tahun, sekitar 1,5 juta wanita mengalami gejala menopause, termasuk 400.000 di antaranya mengalami penderitaan dalam tingkat yang sulit. Namun, banyak dari mereka yang menghindari HRT lantaran takut terkena risiko kanker payudara dan pembekuan darah.

Uji coba yang dilakukan secara acak melibatkan 37 wanita menopause berusia 40-62 tahun dan mengalami tujuh kali atau lebih hot flushes dalam sehari. Sebagai informasi, masa menopause rata-rata berlangsung selama tujuh tahun. Empat dari lima wanita akan mengalami hot flushes.

Temuan awal menunjukkan jika senyawa tersebut secara signifikan mengurangi jumlah rata-rata hot flushes selama periode pengobatan empat pekan. Lantas, analisis baru menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam tiga hari.

“Kami sudah tahu senyawa itu bisa membantu wanita menopause dan menyingkirkan tiga perempat hot flushes dalam empat pekan. Namun, analisis baru menegaskan efek menguntungkan diperoleh dengan sangat cepat,” ujar salah seorang peneliti, Profesor Waljit Dhillo.

Senyawa spesifik, kata Dhillo, ditemukan bisa memengaruhi fungsi hati. Alhasil, dalam penelitian selanjutnya, Dhillo bakal berfokus pada efek samping daripada penggunaan obat tersebut.

“Kelas obat baru ini bisa memberi wanita alternatif yang sangat dibutuhkan HRT,” kata Dhillo.

Bagi banyak wanita menopause, hot flushes merupakan kondisi yang benar-benar membuat tidak nyaman. Hot flushes merupakan gejala wajar yang dialami saat menopause. Penderita bisanya mengalami rasa panas dengan berkeringat dan detak jantung yang cepat. Biasanya hot flushes berlangsung sekitar 2-30 menit setiap terjadi.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar