Yamaha NMax

Pos Indonesia Terbitkan Prangko Seri Dilan 1990

  Selasa, 06 Maret 2018   Arfian Jamul Jawaami
Warga saat memperlihatkan koleksi prangko seri Dilan 1990 di Kantor PT POS Indonesia, Bandung, Selasa (6/3). (ayobandung/Ramdhani)

JALAN RIAU, AYOBANDUNG.COM – PT Pos Indonesia resmi menerbitkan prangko seri “Dilan 1990” di Graha Pos Indonesia Jalan Banda, Kota Bandung pada Selasa (6/3/2018).

Dilan 1990 merupakan novel pertama di Indonesia yang dibuatkan prangko. Ragam alasan melatarbelakangi Pos Indonesia memilih Dilan sebagai objek tema dalam tema. Salah satunya adalah karena fenomena Dilan yang kini melanda masyarakat Indonesia.

Selain itu, diterbitkannya prangko seri Dilan ini juga muncul lantaran adanya kedekatan emosional antara Pidi Baiq, selaku penulis novel, dengan Pos Indonesia.

"Pidi Baiq bukan orang baru buat Pos Indonesia. Sebelum Dilan lahir, Pidi Baiq sudah mengawali karier sebagai desainer prangko di Pos Indonesia. Maka memiliki ikatan emosional dan batin," ujar Tata saat peluncuran prangko Dilan.

Dalam perjalanannya, Pidi Baiq telah mendesain 17 prangko untuk Pos Indonesia. Di antaranya adalah prangko dengan seri cerita rakyat legenda Sangkuriang, Pramuka, Pekan Olahraga Nasional, musik tradisional, Sea Games, dan lainnya.

"Dalam setiap desainnya terlihat kalau Pidi Baiq sangat kreatif. Pidi Baiq pernah membuat prangko lima keping dengan desain bersambung. Biasanya satu keping prangko itu satu desain gambar. Itu pertama kali di Indonesia," ujar Tata.

Film Dilan 1990 sendiri mengambil latar belakang tahun 1990. Era di mana smartphone dan internet belum mendominasi kehidupan milenial. Bahkan, dalam salah satu skena film terlihat pula gambaran pos surat. 

"Maka mari mengirim surat lagi. Email memang cepat tapi kau membawa kepribadian dalam setiap tulisanmu," ujar Pidi Baiq di tempat dan waktu yang sama.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar