Yamaha Lexi

Cara Buang Air dari Rumah Usai Banjir

  Jumat, 23 Februari 2018   Fathia Uqimul Haq
Ilustrasi. (Antara)

BUAH BATU, AYOBANDUNG.COM -- Banjir adalah bencana yang sangat mengerikan dan umum terjadi di banyak belahan dunia. Kekuatan air yang merusak  ketika mulai datang menuju depan pintu rumah akan  menjadi kenyataan dan mimpi buruk Anda.

Setelah air banjir surut, pasti masih ada trauma yang menggerayangi pikiran. Tapi jika Anda mengikuti langkah-langkah yang benar dan bekerja keras, tidaklah sulit untuk membuat rumah Anda dapat ditinggali lagi. Inilah panduan untuk mengeluarkan air dari rumah Anda dan membuatnya layak untuk dihuni kembali. 

#Air Banjir Itu Kotor, Selalu Siapkan Perlengkapan Kebersihan

Air banjir sudah terkontaminasi. Ini berarti Anda perlu memakai perlengkapan yang sesuai saat membersihkan rumah dan mengikuti panduan ketat tentang bagaimana menangani barang-barang yang bersentuhan dengan air. Beberapa peraturan yang paling penting untuk diikuti adalah, pakailah sepatu tahan air atau penyangga dan sarung tangan. Kedua,  Buang makanan apapun (termasuk barang kaleng) yang pernah kontak dengan air banjir. Gunakan disinfektan setelah membersihkan sisa air. Jauhkan anak-anak dan warga lanjut usia dari air banjir,  kuburkan segala kotoran yang Anda temukan segera. Jangan lupa cuci tangan Anda dengan sabun sebelum makan apapun.

# Mempertahankan Lingkungan Drainase
Meski banjir akan memenuhi kapasitas drainase kota, air pasti akan mengalir  ke infrastruktur yang sudah disiapkan kota. Untuk memanfaatkan ini, pastikan saluran pembuangan rumah Anda bersih dari puing-puing dan  air di dalam. Dan sekitar pondasi rumah Anda memiliki jalur yang jelas ke sistem pembuangan limbah kota.

Selain itu, akan lebih bijak untuk memastikan selokan jalan di dekat rumah Anda tidak terhalang puing-puing atau sampah. Biasanya daun dan sampah menghambat sekitar sistem drainase di jalan Anda. Jika Anda menjaga daerah ini bersih dari puing-puing, air akan surut dengan kecepatan lebih cepat.


#Keringkan Rumah Anda

Setelah semua air telah surut, Anda bisa memulai proses pengeringan rumah dan barang . Apa pun yang bisa dikeluarkan dari rumah, keluarkanlah dan jemur sampai kering di bawah sinar matahari (asalkan tidak hujan). Jika sudah kering Anda juga harus membuka semua jendela dan pintu rumah Anda agar melepas kelembaban yang terperangkap. Sebaiknya investasikan dehumidifier dalam ruangan untuk menghilangkan kelembaban rumah Anda.


#Rumah pun segar dan sehat
Dengan mengikuti langkah yang benar, membuang air banjir akan jadi lebih mudah. Dengan peralatan yang tepat, termasuk dehumidifier dan pompa air, Anda bisa membuat rumah Anda siap untuk dihuni kembali. 

Yuk, bersihkan rumah supaya tidak terkena penyakit dan keluarga menjadi sehat!

 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar