Yamaha Aerox

Dengarkan Musik Ini Agar Kerja Lebih Asyik

  Rabu, 31 Januari 2018   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Suasana kantor tanpa gangguan itu utopis. Fokusmu bakal terganggu dengan suara orang-orang yang berbicara, suara pintu yang dibuka, atau suara apa pun yang mengganggu konsentrasi.

Lantas, apa yang harus kamu lakukan? Jawabannya adalah dengarkan musik! Hindari orang-orang yang berteriak dan fokus saja pada apa yang harus kamu kerjakan sembari menikmati alunan-alunan lagu pilihanmu. Niscaya, kerja jadi lebih asyik.

Saat musik diputar, banyak bagian otak yang mendadak aktif. Namun itu tergantung bagaimana karakter musik yang kamu dengarkan.

Menukil QUARTZ, mendengarkan musik sembari bekerja menggambarkan jika kamu adalah seseorang yang multitasking. Kekuatan kognitif otak keluar untuk memahami lirik, memproses emosi yang dipicu oleh sebuah lagu, atau mengingat di mana saat pertama kali kamu mendengarkan. Itu membantumu untuk fokus dalam bekerja.

Tapi hati-hati dalam memilih musik. Konon, musik tanpa lirik bakal lebih mampu meningkatkan kemampuan kognitif pekerja. Selain itu, mendengarkan musik yang konstan dan sedikit repetitif juga patut dicoba.

Bagaimana? Siap bereksperimen dengan beberapa jenis musik yang sesuai dengan gaya kerjamu? Berikut beberapa saran dari ayobandung buat kamu.

 

Jazz

Musik jazz kebanyakan hadir tanpa lirik. Meski selalu dicap sebagai musik rumit, jazz sesungguhnya paling tokcer untuk menghilangkan stres saat bekerja. Tapi, pilihlah beberapa komposisi musik jazz klasik.

Untuk ini, kamu bisa mencoba karya Alice Coltrane dalam album Journey in Satchidananda (1971).

Klasik

Sudah sejak lama musik klasik dianggap mampu membantu meningkatkan kemampuan otak manusia. Awalnya adalah istilah “Mozart Effect” yang dibuktikan pada sebuah penelitian di mana seorang anak diketahui memiliki kemampuan yang lebih baik setelah beberapa menit sebelumnya mendengarkan sonata Mozart.

Tapi tenang, musik klasik bukan hanya Mozart. Kamu bisa memilih beberapa komposisi musik klasik dari Johan Sebastian Bach, Frederic Chopin, atau Claude Debussy. Tak akan membikin ngantuk kok, tapi kamu bakal merasa tenang.

Chillout

Musik chillout biasanya ditandai oleh gayanya yang lembut dengan sentuhan tempo pelan dari musik elektronik. Percayalah, musik jenis ini menghadirkan perasaaan yang tenang dan rileks.

Kamu bisa coba dengarkan beberapa karya dari Moby, The Cinematic Orchestra, Air, dan lain-lain.

Ambient

Musik ambient kerap memberikan penekanan pada suasana. Faktanya, musik seperti ini selalu berhasil membangkitkan ketenangan dengan komposisinya yang tidak mencolok.

Coba saja dengarkan koleksi nomor lagu Brian Eno sebagai salah satu pelopor musik ambient.

Elektronik

Tak apa-apa sedikit menggoyangkan badan saat bekerja, asal jangan berlebihan. Toh, beberapa koleksi lagu elektronik renyah terdengar di telinga, tergantung bagaimana memilihnya.

Coba dengarkan beberapa nomor lagu Daft Punk dengan temponya menengah, tidak pelan tidak juga terlalu kencang. Malah, beberapa nomor lagunya jempolan buat bikin kamu semangat.

Bossa nova

Ini tak berbeda jauh dengan jazz. Tapi kali ini ayobandung merekomendasikan kamu untuk menjadikan nomor-nomor lagu milik band asal band asal Prancis, Nouvelle Vague sebagai teman kerjamu. Percayalah, mendengarkan suara-suara menggemaskan mereka, mood-mu bakal terangkat!

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar