Yamaha Mio S

Kedubes AS Dipindah ke Yerusalem Tahun Ini, Trump: Kami Belum Siap

  Kamis, 18 Januari 2018   
Presiden AS, Donald Trump. (REUTERS/Carlo Allegri)

WASHINGTON, AYOBANDUNG.COM–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump membantah kabar pemindahan kedutaan besar Amerika Serikat di Israel ke Yerusalem dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu berharap agar Trump sesegera mungkin memindahkan kedubesnya ke Yerusalem. Bahkan, pemindahan itu diharapkan terwujud dalam waktu satu tahun ini. “Menurut penilaian saya, itu akan berlangsung lebih cepat, dalam waktu satu tahun dari sekarang,” kata Netanyahu beberapa waktu lalu.

Namun, ketika ditanya soal pertanyaan Netanyahu, Trump justru mengatakan jika keadaannya tidak demikian. “Akhir tahun? Kami membicarakan skenario berbeda. Kami belum siap, belum benar-benar membuat perkiraan soal itu,” ujar Trump sebagaimana dilansir dari Reuters.

Akhir tahun lalu, Trump membikin geger dunia. Ia mengakui Yerusalem sebagai ibu kota negara Israel. Bahkan, ia juga menyatakan akan memulai proses pemindahan kedutaan besar AS dari Tel Aviv menuju Yerusalem.

Keputusan Trump tersebut mengancam upaya perdamaian Timur Tengah dan membuat dunia Arab beserta sejumlah negara barat sekutu AS marah besar.

Yerusalem adalah tempat suci bagi kaum Muslim, Yahudi, dan Kristen. Palestina menginginkan Yerusalem Timur sebagai ibu kota negara masa depannya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar