Yamaha Mio S

Mengingat Kembali 7 Hits Dolores Bersama The Cranberries

  Selasa, 16 Januari 2018   Asri Wuni Wulandari
The Cranberries. (Pinterest)

TURANGGA, AYOBANDUNG.COM – Generasi 90-an tengan berduka lantaran meninggalnya Dolores O’Riordan, pentolan The Cranberries. Bersama band asal Irlandia, penyanyi itu telah membuahkan sejumlah karya lagu yang berjaya di era 1990an.

Buat mengingat lagi karya-karya Dolores, ayobandung kasih kamu kenangan soal beberapa hits The Cranberries.

 

“Dreams”

Di situlah mimpi itu masuk. Betapa cantiknya nomor lagu pop rock yang satu ini. “Dreams” adalah salah satu debut terlama The Cranberries pada tahun 1992. Ia muncul di album studio pertamanya Everybody Else Is Doing It. Lagu ini juga sempat bertengger di posisi teratas Billboard Chart.

Suara halus Dolores bersama kelopak matanya yang berada di luar waktu disampaikan dengan percaya diri. Di lagu ini, mereka membuktikan jika mereka mampu menaklukkan dunia hingga akhirnya mereka jadi band Irlandia kedua yang meraih kesuksesan di Amerika Serikat setelah U2.

“Zombie”

Siapa yang tak kenal lagu ini? Suara Dolores yang serak, penuh emosi, dan seolah menelan samudera saat melantunkan “Zombie” terngiang terus di telinga. Ini menjadi lagu yang menunjukkan betapa band asal Irlandia ini bisa menaklukkan hits radio di tahun 1990an.

Bisa dibilang, lagu ini paling punya kesan sepanjang masa. Lagu ini berkisah tentang pemboman di Irlandia Utara pada 1993 yang mengakibatkan kematian dua orang anak. “Bom-bom ini meledak di tempat yang acak,” kata Dolores waktu itu.

Selain itu, “Zombie” juga lagi lagu jempolan buat muda-mudi pada masanya yang ingin belajar bermain gitar. Chordnya yang renyah dan sederhana membikin banyak orang berbondong-bondong mempelajari gitar melalui lagu ini.

“Linger”

Tak usah ditanya. Ini adalah salah satu lagu paling keren di era 1990an. Susunan lagunya menciptakan ngarai yang besar hingga lagunya seperti tak pernah benar-benar terisi, bahkan dengan suara Dolores yang rimbun tapi lembut. Lagu kedua dari album Everybody Else Is Doing It ini berada di Billboard Hot 100 selama 24 minggu. “Linger” pula yang membuat Cranberries mendapatkan pengakuan besar dari MTV.

Dalam sebuah wawancara bersama NME, Dolores pernah mengatakan jika “Linger” berkisah tentang sebuah hubungan yang memberinya pengalaman ciuman pertama.

“Ode to My Family”

Lagu ini ditulis oleh Dolores dengan Noel Hogan dengan susunan string. “Ode to My Family” punya nada yang sama sekali berbeda dengan amarah “Zombie” yang pahit. Lagu ini mengacu pada orang tua Dolores, masa kecilnya, dan kesedihan karena kehilangan yang sederhana. Ketika hidup menjadi sorotannya. Kepada Hot Press, Dolores pernah menyebut jika lagu itu merupakan pujian pada hari tua yang sederhana, kengangatan, dan keamanan keluarga.

“Animal Instinct”

Dolores adalah salah satu dari sedikit perempuan yang memimpin sebuah band rock. Ia menulis beberapa lagu menonjol. Nomor lagu “Animal Instinct” berkisah tentang cinta Dolores untuk anak pertamanya, yang lahir selama masa hiatus The Cranberries.

Dolores mengalami stres dan kegelisahan yang parah sebelum hamil, dan memuji jika anaknya lah yang membantunya kembali ke dunia musik.

“Just My Imagination”

Salah satu yang terbaik dari The Cranberries adalah bagaimana disposisi mereka dari intensitas nuansa gelap menuju sesuatu yang indah dan cerah. Nomor lagu “Just My Imagination” menunjukkan karakter suara Dolores yang aneh, hidup, dan penuh cinta.

“Promises”

Album keempat Burry the Hatchet dengan cover bergambar mata besar dan sosok manusia telanjang adalah album yang paling tajam dari The Cranberries. Ia mengandalkan suara yang lebih konkret.

Nomor lagu pertama “Promises” mengguncang amarah Dolores yang merapi janji-janji yang diingkari. Dalam lagu ini, Dolores membangun kegelisahannya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar