Yamaha Lexi

Bagaimana Agar Perut Tak Perlu Suara Krebek-Krebek Saat Lapar?

  Selasa, 28 November 2017   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

AYOBANDUNG.COM – Menyedihkan rasanya jika perut tiba-tiba berbunyi dalam keheningan sebuah pertemuan rapat kerja. Atau ketika berkencan, wawancara kerja, dan hampir setiap saat.

Perut yang berbunyi adalah proses fisiologis normal. “Ketika kita belum makan sebentar, usus kita mengaktifkan fungsi lain yang menyingkirkan sisa-sisa puing,” ujar Kepala Gastroenterologi di University Medical Center of Princeton, Anis Sheth, sebagaimana dilansir dari Men’s Health.

Namun, itulah cara tubuh Anda untuk mempersiapkan usus Anda untuk makanan Anda selanjutnya, untuk kemudian mendorong udara dan cairan hilir.

Jadi intinya, tubuh Anda seperti membilas toilet. Ini adalah mekanisme pembersihan yang praktis, namun tidak sepi.

Untungnya, ada beberapa cara untuk memperbaiki kebiasaan itu. Sheth menyarakan agar Anda mengonsumsi camilan-camilan. Bahkan, hanya beberapa gigitan camilan saja bisa menghentikan suara dalam perut. “Air atau cairan lainnya bisa bekerja, tapi tidak secepat makanan,” ujarnya.

Selain itu, cobalah menahan napas Anda. Itu bisa jadi cara jitu untuk meredam suara yang keluar dari perut. Meski sebenarnya, hal itu membikin situasi semakin buruk, karena Anda akan memaksa lebih banyak udara ke bawah.

Meskipun kebiasaan itu tidak berbahaya, tapi Sheth menyarankan Anda untuk pastikan apakah ada perubahan pencernaan yang menyertainya. Misalnya, jika diiringi pula dengan rasa mulas, mual, gas berlebih, konstipasi, atau diare. Jika begitu, segera periksakan secara medis.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar