Yamaha NMax

Lima Film Paling Stylish di Era 90-an

  Jumat, 24 November 2017   Asri Wuni Wulandari
Trainspotting. (allmovie.com)

AYOBANDUNG.COM – Tak diragukan lagi jika nostalgia 90-an selalu ada pada titik tertinggi. Terlalu banyak hal-hal di era itu yang menjadi referensi banyak orang hingga saat ini. Misalnya saja soal mode yang didukung oleh tren budaya yang lebih dalam.

Untuk memenuhi kebangkitan dekade ini, yuk, kita lihat kembali arsip-arsip film paling stylish pada tahun 1990-an. Barangkali saja bisa jadi referensi modemu!

 

Trainspotting (1996)

Sudahlah, tak usah diragukan lagi. Film yang disutradarai oleh Danny Boyle ini memang paling banyak memberikan referensi mode bagi muda-mudi di era selanjutnya. Tampilan setiap pria dalam film yang berkisah tentang adiksi heroin dalam kehidupan di Inggris ini benar-benar hadir di era sekarang.

Bagaimana imej Ewan McGregor muda saat berlari di pinggir jalan dengan skinny jeans, bomber jacket, dan kaus vintage-nya adalah sebentuk memorabilia. Dan, jika ada yang bertanya, mode di tahun 90an mana yang paling keren, maka jawabannya adalah Inggris.

Reservoir Dogs (1992)

Penata fesyen Reservoir Dogs, Betsy Heimann melahirkan warisan budaya pop dan fesyen yang masih bisa dirasakan hingga saat ini. Heimann dan sutradara Quentin Tarantino mendefinisikan ulang penampilan gangster kecil.

Sekelompok pria berkemeja putih, jas dan dasi hitam, celana hitam, dan kacamata hitam Ray Bans dalam sebuah gerak konstan berjalan selambat mungkin adalah yang paling ikonik di era 90an. Itu adalah parade jalanan Abbey Road pada masanya.

Wayne’s World (1992)

Sederhana saja. Rambut gondrong, topi trucker, kaus, kemeja flanel kotak-kotak, kacamata tebal, dan celana jeans robek adalah hal-hal yang diimpikan di tahun 1990an.

Dan tampaknya, film yang dibintangi Mike Myers muda ini berdampak luas pada muda-mudi masa kini yang masih mengimpikan mode ala Wayne dan Garth dalam film itu.

The Big Lebowski (1998)

The Big Lebowski adalah batu ujian bagi setiap orang yang pernah mengenakan “jubah” di luar rumah. The Dude (Jeff Bridges) tak pernah sekalipun mengenakan setelan jas atau busana-busana rancangan desainer-desainer fesyen yang apik. Tapi, dia cukup mewujudkan semangat athleisure-nya dengan sweater kesayangannya.

Fear and Loathing in Las Vegas (1998)

Sebagian besar busana yang dikenakan Raoul Duke (Johnny Depp) dalam film itu adalah busana yang sebenarnya dikenakan pada tahun 1970a-an oleh seorang penulis Hunter S Thompson.

Kemeja dengan floral print warna-warni yang berhasil menjadi bagian dari lemari pakaian kebanyakan pria selama beberapa generasi. Atau cardigan, sepatu Converse, dan ya, yang paling ikonik adalah bucket head yang digunakan selama perjalanan menuju Giligan Island.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar