Yamaha Lexi

Waspadai Penyakit Langganan di Musim Penghujan

  Kamis, 16 November 2017   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Belakangan ini curah hujan tinggi terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Beberapa daerah bahkan mulai dilanda bencana banjir, salah satunya Bandung.

Hati-hati, perubahan cuaca ini tentunya berdampak pada kesehatan. Musim hujan dan banjir bisa membikin bakteri mudah berkembang biak dan menyebar di lingkungan sekitar, maupun tubuh kita.

Nah, memasuki musim penghujan ini, Dinas Kesehatan Kota Bandung mengimbau masyarakat agar mewaspadai penyakit khas musim hujan dengan tetap menjaga kebersihan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita mengatakan, ada beberapa penyakit yang sering muncul saat musim penghujan. Mulai dari flu, batuk, diare, pneumonia atau radang paru-paru hingga infeksi saluran pernafasan akut (ISPA).

“Jaga perilaku bersih dan sehat. Minimal kalau kita bisa menjaga kebersihan atau membiasakan diri mencuci tangan sebelum melakukan aktivitas apapun, insya Allah kita akan terhindar dari beberapa penyakit menular," ujar Rita usai menghadiri acara program edukasi "Pentingnya Deteksi Dini dan Pencegahan Prediabetes” di ruang serbaguna Balai Kota Bandung, Kamis (16/11/2017).

Kondisi cuaca yang tidak menentu ini, dinilai Rita, menjadi faktor utama datangnya serangan berbagai penyakit khas musim hujan. Sebab, di waktu bersamaan terjadi pula perubahan sirkulasi penyakit.

Meski saat ini kecenderungan penyakit yang diidap mayoritas warga Bandung adalah penyakit tidak menular, namun kewaspadaan itu tetap diperlukan.

Contohnya saja ISPA yang telah mengalami peningkatan sejak dua bulan lalu. “Untuk ISPA sudah meningkat sedikit, meski saya tak tahu pasti data angkanya,” kata Rita.

Oleh karenanya, kebiasaan untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat harus datang dari diri sendiri. Seperti kesadaran untuk menjaga kesehatan dengan rajin-rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

"Walaupun itu terlihat sepele, tetapi itulah penyebab yang bisa memudahkan terjadinya penularan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA)," ujar Rita. 

Salah satu warga Antapani, Asep Mulyana (23), mengaku sudah bersiap dengan siklus musim hujam seperti sekarang ini. 

“Minimal untuk menghadapi musim hujan ini jaga kebersihan diri dan lingkungan karena penyakit menular bisa datang kapan aja. Perbanyak juga olah raga, jaga pola makan, dan perbanyak asupan nutrisi dan gizi,” katanya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar