Yamaha Lexi

Musim Pancaroba Waspadai Diare dan Demam Berdarah

  Minggu, 08 Oktober 2017   Anggun Nindita Kenanga Putri
Ilustrasi nyamuk demam berdarah.(Pixabay)
BANDUNG, AYOBAMDUNG COM--Penyakit diare dan demam berdarah mengintai anak-anak saat musim pancaroba seperti saat ini, sehingga para orang tua perlu mewaspadainya.
 
"Diare dan demam berdarah biasanya yang bahaya untuk anak di musim pancaroba," ujar dokter Nur Kencana dari Rumah Sakit Hermina Arcamanik, Minggu (8/10/2017).
 
Penyebab penyakit diare akibat kurangnya menjaga kebersihan.
 
"Kalau diare bisa muncul di buah tropis misalnya mangga. Kadang pas sebelum makan lupa dicuci. Karena tidak mencuci tangan itulah bakteri penyebab diare bisa muncul," katanya.
 
Menurutnya, diare pun bisa timbul akibat perilaku anak seringkali jajan di luar. Di mana jajanan pinggir jalan kurang diperhatikan dari segi kebersihan dan kandungan gizi.
 
"Untuk menyiasatinya, orang tua bisa bikin bekal untuk anak agar tidak jajan di pinggir jalan dan bisa mencegah munculnya diare," ucapnya.
 
Sedangkan penyakit demam berdarah timbul akibat banyaknya genangan air. 
 
Menjaga kebersihan lingkungan menjadi cara untuk mencegah demam berdarah. Bila ada genangan air sebaiknya segera dibersihkan agar jentik nyamuk tidak bisa berkembang.
 
Pola hidup sehat harus diterapkan oleh orang tua pada anak agar tidak rentan terkena dua penyakit tersebut. Selain makan makanan bergizi, ia menyarankan agar anak dibiasakan minum air putih delapan gelas per hari.
 
Waktu istirahat untuk anak pun harus diperhatikan. Idealnya anak harus memiliki waktu tidur sebanyak 8-9 jam per hari. 
 
"Kalau kurang istirahat maka ketahanan tubuh mereka akan drop. Selain itu kurang tidur membuat mood anak menjadi tidak baik," jelasnya.
 
Ia menambahkan, asupan vitamin dapat mencegah anak terserang sakit di musim pancaroba. Mengonsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C seperti jeruk baik untuk meningkatkan daya tubuh.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar