Yamaha NMax

Bahaya Radiasi Ponsel Pintar pada Anak

  Minggu, 08 Oktober 2017   Anggun Nindita Kenanga Putri
Ilustrasi ponsel.(Pixabay)
BANDUNG, AYOBANDUNG.COM--Penggunaan ponsel pintar yang terlalu sering  bisa memicu gangguan kesehatan pada anak akibat radiasi yang dihasilkan.
 
"Ancaman radiasi dari ponsel akan menyebabkan gangguan kesehatan pada khususnya telinga, mata, dan kepala," ujar Wakil Direktur Bagian Medis Rumah Sakit Hermina Arcamanik Nur Kencana, Minggu (8/10/2017).
 
Ia mengaku pada era globalisasi saat ini penggunaan ponsel pintar oleh anak semakin banyak. Oleh karenanya, orang tua perku mewaspadai anak mereka ketika menggunakan ponsel pintar.
 
"Penggunaan ponsel pintar yang berlebihan bikin anak jadi kecanduan," ujarnya.
 
Ia menyesalkan ada beberapa orang tua yang sering memberikan ponsel pintar kepada anaknya, dengan dalih tidak mau mengganggu kegiatannya.
 
"Beberapa kejadian saya pernah lihat, seperti saat Salat Idulfitri lalu, ada orang tua yang sengaja kasih ponsel ke anaknya agar anaknya tidak rewel. Padahal seharusnya tidak boleh seperti itu," katanya.
 
Untuk itu, ia mengajak para orang tua lebih memerhatikan penggunaan ponsel pintar pada anak. Ada baiknya, anak lebih sering diajak melakukan kegiatan fisik atau bermain di lingkungannya.
 
Waktu penggunaan ponsel pintar pada anak perlu dibatasi agar tidak kecanduan. Bagi balita, waktu ideal menggunakan ponsel pintar satu jam per hari. Bagi anak yang sudah lebih besar, ponsel pintar bisa dipakai saat mereka libur sekolah.
 
"Diatur waktunya agar bisa seimbang dengan belajar dan bermain di luar. Idealnya malah anak bisa pegang ponsel pintar setelah di atas jenjang SD," jelasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar