Yamaha NMax

Waspadai 6 Penyakit Ini saat Musim Pancaroba

  Jumat, 06 Oktober 2017   Anggun Nindita Kenanga Putri
Ilustrasi: Flu salah satu penyakit saat pancaroba.(Pixabay)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Menjaga kesehataan saat memasuki pancaroba sangat penting terutama dalam menjaga asupan makanan bergizi untuk tubuh.

Dokter dari Klinik Abadi Husada Medika, Suryani Saad mengatakan menurunnya tekanan udara dan perubahan suhu yang ekstrem saat pancaroba memicu seseorang mudah terserang penyakit.

“Pada seseorang yang sedang dalam kondisi tidak fit maka akan mudah terserang penyakit di musim seperti ini,” katanya kepada Ayobandung, Jumat (6/10/2017)

​Beberapa penyakit yang biasa terjadi saat pancaroba sebagai berikut:

Flu atau Pilek

Ini merupakan penyakit yang sudah menjadi langganan tetap saat musim pancaroba tiba. Perubahan cuaca dari panas ke dingin, begitu sebaliknya yang terjadi secara ekstrem dapat membuat virus penyebab flu berkembang biak dengan cepat.

“Udara dingin di malam dan pagi hari juga dapat membuat sistem imun menurun,” ujar Suryani.

Udara dingin yang dihirup seseorang dapat memicu virus menyebar ke tubuh dan menyebabkan sistem imun tidak bekerja secara maksimal. Sehingga badan mudah terserang flu, batuk, dan demam.

Sakit Kepala

Sering pusing saat musim pancaroba salah satu penyebabnya kenaikan kelembapan udara dan turunnya suhu secara mendadak. Selain itu, sinar matahari yang sangat terik di siang hari juga dapat membuat ketidakstabilan hormon dan beberapa komponen kimia yang harusnya disuplai ke otak, membuat seseorang mudah terserang sakit kepala.

Sakit kepala bisa juga akibat cuaca terlalu dingin yang membuat pembuluh darah menyempit sehingga suplai darah dan oksigen ke otak menjadi terganggu.

Diare

Diare merupakan salah satu penyakit langganan saat musim pancaroba. Hal ini disebabkan bakteri e-coli.

Penyakit ini biasanya menyerang bagian usus dan lambung yang dapat menyebabkan seseorang buang air secara terus-menerus. Seseorang menjadi kekurangan cairan di dalam tubuh. Dalam kasus lebih parah, seseorang yang menderita diare bisa mengalami dehidrasi.

Tifus

Diare bisa menjadi gejala awal munculnya penyakit tifus. Selain diare, penyakit tifus juga menyebabkan seseorang merasa mual hingga muntah-muntah, dan demam tinggi. Penyakit ini sangat berbahaya bila terlambat mendapatkan penanganan. Tidak hanya sistem pencernaan yang diserang, tapi juga imunitas, sehingga tubuh menjadi lemas, lesu, dan tak bertenaga.

Sakit Persendian

Penurunan tekanan udara juga dicurigai dapat menyebabkan sakit pada bagian persendian.

“Sakit persendian saat pancaroba terjadi saat jaringan persendian tidak dapat menahan tekanan udara yang naik dan turun secara tiba-tiba,” ungkap Suryani.

Penyakit Kulit

Penyakit kulit pada musim pancaroba perlu diwaspadai. Penyakit ini bisa muncul akibat alergi terhadap cuaca. Tandanya, kulit terasa kering, merah, dan gatal-gatal saat menghadapi cuaca dingin.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar