Yamaha Mio S

Sembuhkan Jet Lag dengan 7 Cara Ampuh Ini

  Selasa, 26 September 2017   
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Anda mungkin pernah merasakan jet lag. Kondisi yang diakibatkan oleh perjalanan jarak jauh menggunakan pesawat hingga melintasi beberapa zona waktu, dalam waktu yang relatif singkat. Akibatnya, tubuh tak mampu menyesuaikan diri dengan kondisi anyar.

Jet lag dapat mengganggu pola tidur seseorang dan membuatnya mudah mengantuk, juga lesu. Semakin banyak zona waktu yang dilintasi, maka jet lag yang dialami biasanya akan semakin parah.

Jadi, apa yang membuat Anda merasa kelelahan seperti itu? Dilansir dari Travel and Leisure, berikut tujuh cara agar Anda bisa cepat pulih dari jet lag.

 

Konsumsi vitamin D dan B
Vitamin B-12 adalah cara alami untuk menjaga tubuh tetap waspada dan berenergi, tanpa efek samping minuman energi yang goyah. Vitamin D, alami atau suplemen, terkait dengan kadar melatonin dalam tubuh Anda. Melatonin adalah hormon yang membantu tubuh Anda siap untuk tidur. Selain itu, keluarlah dan nikmati sedikit sinar matahari (dengan tabir surya, tentu saja.)

Hindari kafein dan alkohol
Insting pertama Anda saat merasa lelah adalah menuju ke kedai kopi terdekat. Namun tindakan ini justru kurang tepat untuk dilakukan. Bukan membuat Anda segar, tapi justru membuat Anda tidak enak badan dan membuat jet lag Anda memburuk.

Konsumsi banyak air mineral
Penerbangan panjang bisa membuat Anda kaku, lelah dan sangat dehidrasi. Minum banyak air sebelum, selama dan setelah perjalanan untuk mengurangi gejala jet lag.

Temukan cahaya Anda
Ini mungkin cara paling efektif untuk mengatasi kelelahan. Jet lag terjadi saat ritme sirkadian dilempar, yang ujung-ujungnya bakal membuat Anda merasa lelah. Atasi dengan menggunakan kacamata hitam untuk membatasi jumlah cahaya buatan yang diterima mata, selebihnya tingkatkan cahaya alami yang terpapar oleh tubuh Anda. Cahaya alami tidak hanya memberikan vitamin D, tapi itulah yang disesuaikan dengan jam tubuh Anda. Menuju timur? Carilah matahari pagi itu. Menuju Barat? Matahari sore adalah semua yang Anda butuhkan.

Lakukan peregangan
Berpergian bisa menimbulkan stres dan stres bisa membuat efek jet lag semakin parah. Sesi yoga yang sederhana dapat membantu Anda rileks dan membuat tubuh sedikit bergerak meski dalam perjalanan panjang. Hal ini juga akan meningkatkan energi Anda.

Minum jus

Jus akan membantu menyegarkan dan melembabkan kembali kulit Anda. Selain itu sistem kekebalan tubuh juga akan membaik. Minum jus juga baik untuk membunuh kuman yang ada di pesawat terbang yang mungkin hinggap di tubuh anda selama perjalanan.

Konsumsi melatonin
Mengonsumsi beberapa suplemen hormon alami ini setengah jam sebelum tidur dapat membantu Anda dalam mengikuti jadwal zona waktu Anda saat ini.

 

(Job/Nisrina)

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar