Yamaha Aerox

Ayo Periksa Kesehatan Gigi di FKG Unpad

  Senin, 25 September 2017   Anggun Nindita Kenanga Putri
Sejumlah siswa dan siswi sekolah dasar saat mengikuti acara bulan kesehatan gigi Pepsodent di RSGM Unpad Kota Bandung, Senin (25/9/2017). Dalam acara tersebut, siswa dan siswi diberikan edukasi tentang bagaimana cara memelihara kesehatan gigi dan mulut.(Ramdhani)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (Afdokgi) bekerja sama dengan Pepsodent menggelar Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2017.

BKGN 2017 diselenggarakan di 22 Fakultas Kedokteran Gigi seluruh Indonesia, salah satunya di Universitas Padjajaran Bandung pada 25 – 27 September 2017.

Tahun ini, BKGN mengusung tema ‘Merdeka dari Gigi Berlubang’ dengan mengajak keluarga Indonesia memeriksakan kesehatan gigi secara teratur.

Senior Brand Manager Pepsodent Imelda Wira menjelaskan kegiatan tersebut sebagai upaya menekan jumlah penderita gigi berlubang di Indonesia.

“BKGN merupakan agenda rutin tahunan kami, di mana setiap tahun mengangkat tema untuk pesan edukatif kesehatan gigi," katanya, Senin (25/9/2017).

Dekan FKG Universitas Padjajaran sekaligus Ketua Afdokgi Nina Djustiana mengatakan masyarakat Bandung dapat memeriksakan gigi secara gratis di RSGM FKG Unpad di Jalan Sekeloa.

Sebanyak 300 tenaga kesehatan gigi yang terdiri dari para dosen dokter gigi, dokter gigi spesialis, serta mahasiswa FKG Unpad bertugas mengakomodasi keperluan masyarakat Bandung untuk mendapatkan perawatan kesehatan gigi.

Tak hanya di Bandung, BKGN 2017 memperluas kesempatan masyarakat Indonesia mendapatkan perawatan kesehatan gigi melalui PDGI cabang di seluruh Indonesia.

"Tahun ini BKGN hadir di lebih banyak titik PDGI cabang, yaitu di 35 lokasi berbeda yang memiliki tingkat prevalensi permasalahan gigi dan mulut tinggi," ujar Nina.

Berdasarkan Riskesdas 2013, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan merupakan provinsi dengan prevalensi tinggi di atas 35%.

Dari data tersebut, beberapa PDGI cabang seperti Bantaeng, Bone, Bulukumba, Gowa, dan Banjarmasin ikut berpartisipasi melaksanakan kegiatan BKGN 2017. Sekaligus mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia Bebas Karies di tahun 2030.

"Semoga pelaksanaan rangkaian BKGN 2017 menjadi sarana yang baik dalam mengajak masyarakat untuk rutin datang ke dokter gigi agar merdeka dari gigi berlubang,” tuturnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar