Yamaha NMax

Gemar Bergadang Adalah Ciri Orang Cerdas

  Rabu, 30 Agustus 2017   Arfian Jamul Jawaami
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Hidup nokturnal atau aktif di malam hari seperti kelelewar memang menghadirkan berbagai risiko masalah kesehatan. Namun tahukah kamu bila ternyata salah satu ciri orang cerdas adalah gemar begadang hingga larut malam?

Setidaknya hal tersebut dikemukakan oleh seorang psikolog asal London School Economics And Political Science bernama Satoshi Kanazawa. Seperti dikutip dari Psychology Today, bila antara IQ dan pola tidur sebenarnya memiliki hubungan yang sangat erat dan saling berhubungan.

Soalnya orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata cenderung mengalami gangguan tidur pada malam hari, sehingga memilih untuk tetap terjaga dan mengisi waktu dengan beragam aktivitas. 

Biasanya para nokturnal menangkap segala informasi dan pengetahuan di waktu siang dan memikirkannya pada malam hari. Ini memungkinkan adanya optimalisasi pada kinerja otak yang meski melelahkan namun justru membuatnya semakin cerdas. 

Ketika siang hari, segala imajinasi dari proses kreatif biasa didapatkan. Namun justru pada malam hari, sisi lain dari manusia hadir yang dapat mendorong keluarnya seluruh kemampuan dalam diri. Artinya orang yang gemar begadang dengan terjaga hingga larut malam merupakan pribadi yang dinilai dapat memperluas pikiran dan ide kreatif.

Untuk itu Satoshi melakukan penelitian pada 20.000 remaja berusia antara 18 hingga 28 tahun. Sebelumnya para remaja tersebut telah dikelompokan ke dalam kategori IQ. Hingga akhirnya ditemukan seperti dikutip dari The Debrief bila remaja dengan IQ rendah ternyata tidur satu jam lebih cepat dari mereka yang dinilai memiliki kecerdasan di atas rata-rata. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar