Yamaha Lexi

Enam Alasan Mengapa Kamu Tidak Boleh Menyepelekan Rambut Uban

  Rabu, 30 Agustus 2017   Asri Wuni Wulandari
Ilustrasi. (Pixabay/Public Domain Archive)

AYOBANDUNG.COM – Rambut beruban adalah atribut alami penuaan. Beberapa orang mungkin tidak menganggapnya serius, tapi beberapa orang lain mati-matian mencoba menyembunyikannya.

Namun, bagi Anda yang mendapati rambut berubah di usia 30-an, maka itu harus menjadi perhatian.

Terkadang, rambut beruban bisa terjadi lantaran faktor genetik. Tapi beruban pada usia yang sangat muda adalah sesuatu yang tidak bisa disepelekan. Sebab rambut beruban rupanya menunjukkan beberapa kondisi kesehatan seseorang.

Nah, berikut beberapa alasan utama mengapa Anda tidak boleh menyepelekan rambut beruban di usia muda dilansir dari Boldsky.

 

Gangguan Jantung

Jika Anda masih muda namun telah beruban, maka Anda perlu berkonsultasi dengan pakar jantung. Utamanya jika kaum Adam. Para ilmuwan pernah mengungkapkan jika rambut beruban sering dikaitkan dengan risiko tinggi pada penyakit jantung iskemik. Penyakit ini tidak menunjukkan gejala pada tahap awal.

Mendeteksi Kondisi Autoimun

Penyakit autoimun yang muncul dengan nama alopecia areata menyebabkan munculnya helaian rambut putih cerah. Orang-orang dengan kondisi ini secara bertahap cenderung kehilangan rambut mereka sepenuhnya. Inilah salah satu alasan utama untuk tidak menyepelekan rambut beruban.

Kurangnya Vitamin D3 dan B12

Anda perlu mengonsumsi makanan seimbang. Kekurangan vitamin D3 bisa mengakibatkan hilangnya melanin, zat yang memberi warna pada kulit dan rambut. Hal yang sama berlaku pula untuk kekurangan vitamin B12.

Merokok

Perokok tidak boleh terkejut jika mendapati rambut yang cepat beruban. Namun kebiasaan ini juga bisa berujung pada hilangnya rambut sejak dini.

Stres Tingkat Tinggi

Stres dapat mempercepat kemungkinan tumbuhnya uban di rambut. Tapi jika Anda bisa mengatasi stres, uban yang muncul bakal bisa diatasi.

Perubahan Hormon

Karena perubahan hormon, rambut Anda bisa berubah dalam tekstur, kerapatan, bahkan warna. Hal ini banyak terjadi ketika Anda berusia 30-an. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar